20 SOAL DAN JAWABAN SISTEM OPERASI

1 . Sebutkan definisi dari symbian OS ?
JAWABAN : Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh simbian Ltd. Yang dirancang untuk digunakan  peralatan bergerak (mobile).

2 .Sebutkan  jenis- jenis HP yang mengunakan symbian ?
JAWABAN :Nokia, panasonic  ,samsung ,ericsson ,siemens ,sony ericsson ,

3 . Pada tahun berapa perusahaan psion didirikan dan sebutkan siapa yang mendirikan perusahaan tersebut ?
JAWABAN : Pada tahun 1980 ,yang didirikan oleh David Potter.

4 .Sebutkan secara umum  dari symbian OS ?
 JAWABAN :
Yang terdiri dari empat lapisan yaitu
 a ,lapisan pendukung aplikasi (application ulilty layer)
b ,lapisan layanan dan framework antar muka grafis (GUI framework )
c ,Lapisan komunikasi
d ,lapisan sistem API dasar

5 .Sebutkan fungsi dari lapisan komunikasi ?
JAWABAN :Sebagai sistem fukos diimplementasi pada peralatan operasi mobile

6 .Sebutkan empat kategori dalam  klasifikasi API ?
JAWABAN :  1 .API symbian umum
                       2 .API symbian umum tergantikan
                       3 .API symbian opsional
                       4 .API symbian opsional tergantikan

7 .apa yang di maksud dengan Command Prompt ?
JAWABAN:  Command Prompt adalah sebuah perintah dos yang terdapat pada OS windows yang dapat memudahkan user dalam menjelajahi windows baik secara online maupun offline

 8. sebutkan Operating system dalam DOS
JAWABAN: terbagi kedalam dua bagian yaitu,
A. Software Operation System adalah perangkat lunak yang mengatur,mengelola dan mengolah segala kegiatan yang berhubungan dengan computer.contoh seperti: Dos, Windows, Linux,dll
B. Software Application adalah perangkat lunak yang berisi suatu rangkaian instruksi yang di buat untuk mengolah data pada jenis pekerjaan tertentu.contoh :
o Microsoft office
o Database management
o Program grafis
o Network software,dll
6) Langkah-Langkah Cara Kerja SO
Ø Cold booting (booting dingin) yaitu proses menjalankan computer mulai dari keadaan computer mati (off) atau belum menyala.
Ø Warm booting (booting panas) yaitu proses menjalankan computer pada saat computer sedang hidup (on)

9. apa yang di maksud dengan windows xp?
JAWABAN: Windows XP adalah suatu sistem pengoperasian (operating system) yang paling banyak dipakai sampai saat ini karena selain kemudahan dalam pemakaiannya Windows XP digunakan sebagai standarisasi pembelajaran yang di pakai oleh sekolahan-sekolahan dan perguruan tinggi pada umumnya.

10. sebutkan langkah-langkah cara menginstal windows xp
 JAWABAN:
1.        : Siapkan CD WINDOWS XP
2.        Siapkan CD DRIVER MOTHERBOARD
3.        Atur bios terlebih dahulu agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM, caranya:
a.       Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2. Pilih menu Advanced Settings,                                       kemudian carilah ‘Boot Priority’ atau yang sejenis.
b.       Ubah pengaturanya, agar CDROM jadi urutan yang pertama kemungkinan pilihan ini ada 2 jenis
·         Menu ‘First boot priority’, ‘Second boot priority’ dll: Aturlah ‘First boot priority’ ke ‘CDROM’ dengan menekan tombol PgDn/Pgup (Page Down/Up) atau +/-.
Atur juga ‘Second boot priority’nya ke HDD0/HDD1.
·         Jika menunya ‘Boot priority’: atur ke ‘CDROM, C, A’ atau ‘CDROM, A, C. dengan menekan tombol PgDn/Up.


 11. apa yang di maksud dengan Windows XP Home Edition?
JAWABAN: Windows XP Home Edition adalah sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna rumahan. Versi ini tidak didesain untuk sistem dengan banyak pengguna, Fitur jaringan yang tidak ada pun sangat banyak, di antaranya tidak dapat bergabung dengan sistem domain Active Directory.

12. apa yang dimaksud dengan Windows XP Professional?
JAWABAN:  Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server, meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh client yang bisa login secara bersamaan.

13. apa yang dimaksud dengan Windows XP Media Center Edition?
JAWABAN :  Windows XP Media Center Edition adalah Sistem Operasi versi dari Windows XP yang diperuntukkan untuk perangkat seperti HiFi, dan komputer yang diletakkan di ruang duduk atau ruang keluarga. Windows ini tidak beda jauh dengan Windows XP Home Edition, namun sudah ditambah dukungan sebagai perekam video pribadi atau disingkat Personal Video Recorder.

14. apa yang dimaksud dengan Windows XP Starter Edition?
JAWABAN:  Windows XP Starter Edition adalah Sistem Operasi versi lain dari Windows XP Home Edition yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa lokal masing-masing pengguna/user dengan menggunakan Language Interface Pack (LIP).

15. Apa yang dimaksud dengan Windows XP Professional x64 Edition
JAWABAN:  Windows XP Professional x64 Edition adalah Sistem Operasi versi Windows XP yang lebih dikhususkan untuk processor dengan arsitektur x86-64.

16. Apa yang dimaksud dengan Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium?
JAWABAN:  Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium  adalah Sistem Operasi mendukung teknologi mikroprosesor, yaitu IA-64 yang digunakan oleh prosesor Intel Itanium dan Intel Itanium 2.

17.jelaskan sistem OS API pada symbian umum..
JAWABAN:
Komponen ini merupakan komponen (API) inti dari Symbian OS. Setiap pengembang aplikasi dapat berasumsi bahwa komponen ini terdapat pada setiap versi Symbian OS sehingga dapat digunakan pada setiap perangkat telepon bergerak yang menggunakan Symbian OS sebagai sistem operasinya. Dengan kata lain setiap kode program yang hanya menggunakan API pada kategori ini dapat dikompail dan dijalankan tanpa kesalahan pada setiap telepon yang menggunakan Symbian OS.

18. apa itu symbian sv80?
JAWABAN: . Symbian S80 merupakan versi Symbian yg support keyboard QWERTY dan digunakan di communicator buatan Nokia (Nokia 9210, Nokia 9300, Nokia 9500, dll). skrg pengembangan S80 sudah dihentikan dan digabung dgn S60.

19. Apa itu MOAP (S)?
 JAWABAN: MOAP (S) singkatan dari Mobile Oriented Applications Platform (Symbian), merupakan versi terbatas dari Symbian S60 yg digunakan oleh produsen hp yg bekerja sama dgn operator seluler Jepang NTT Docomo.

20. . apa itu Symbian UIQ?
 JAWABAN: Symbian UIQ merupakan pengembangan dari Symbian dgn user interface yg berbeda dari Symbian lainnya, kebanyakan digunakan oleh smartphone produksi Sony-Ericsson (Nokia 6708, SE P800, SE G700, Motorola RIZR, dll).


NAMA ; IRWANSYAH
NIM;      1105020207
UNIT;    F
JURUSAN; TEHKNIK INFORMATIKA



Iklan Bawah Artikel