CONTOH GRAFIK DARI BERBAGAI ILMU


1. Teknik

Diagram fase
Dalam kimia fisik, mineralogi, dan teknik material, diagram fase adalah sejenisgrafik yang digunakan untuk menunjukkan kondisi kesetimbangan antara fase-faseyang berbeda dari suatu zat yang sama. Dalam matematika dan fisika, diagram fase juga mempunyai arti sinonim dengan ruang fase.

Diagram fase 2D
Diagram fase pada ruang tekanan-temperatur menunjukkan garis kesetimbangan atau sempadan fase antara tiga fase padat, cair, dan gas.




Ket :  Garis titik-titik merupakan sifat anomali air. Garis berwarna hijau menandakan titik bekudan garis biru menandakan titik didihyang berubah-ubah sesuai dengan tekanan.
Selain temperatur dan tekanan, sifat-sifat termodinamika lainnya juga dapat digambarkan pada diagram fase. Contohnya meliputi volume jenis, entalpi jenis, atau entropi jenis. Sebagai contoh, grafik komponen tunggal Temperatur vs. Entropi jenis (T vs. s) untuk air/uap atau untuk refrigeran biasanya digunakan untuk mengilustrasikan siklus termodinamika seperti siklus Carnot dan siklus Rankine.




Ket : Diagram fase temperatur vs. entropi jenis untuk air/uap. Pada area di bawah kubah, air dan uap berada dalam keadaan kesetimbangan. Titik kritisnya ada di atas kubah. Garis/kurva biru adalah isobar yang menunjukkan tekanan konstan. Garis/kurva hijau adalah isokor yang menunjukkan volume jenis konstan. Garis merah menunjukkan kualitas konstan

2. Ilmu Kedoktoran

Bidang Kedokteran
Biasanya penerapan ilmu ini digunakan para dokter untuk membuat foto rontgent pasien dalam mendiagnosa penyakit atau luka dalam. Hal ini sangat berguna bagi bidang kedokteran karena para dokter bisa langsung tahu bagian tubuh mana yang patah atau bergeser tanpa harus melakukan operasi.

Contoh Rontgent tulang telapak tangan yang bergeser


Hasil USG

Cara Membaca Hasil USG
  Kadang kita bingung membaca sendiri hasil USG (termasuk saya, hehehehe), karena lembar USG berisi dengan singkatan-singkatan yang sering kali tidak dijelaskan dengan detil oleh sang dokter kecuali kita bertanya J
Selain Gambar ada juga tabel atau angka hasil pengukuran dokter terhadap tungkai lengan, kaki, dan diameter kepala. Semua itu bisa menghasilkan rumus yang menunjukkan berapa berat janin di dalam kandungan.


Gbr. Hasil usg dalam bentuk 3D

Beberapa Istilah dalam USG adalah:
  GA = Gestational Age. Ini menunjukkan perkiraan umur kehamilan bunda, berdasarkan panjang tungkai lengan, tungkai kaki ataupun diameter kepala. Jika salah satu dari GA di foto USG bunda menunjukkan besaran yang tidak normal, dokter langsung bisa mendeteksinya sebagai kelainan. Terutama GA di bagian kepala. 
GS: Gestational Sac. Yaitu ukuran kantung kehamilan, berupa bulatan hitam. Ini biasanya muncul pada hasil foto USG trisemester awal. 
CRL: Crown Rump Length. Yaitu ukuran jarak dari puncak kepala ke ‘ekor’ bayi. Ini juga biasa digunakan dokter untuk mengukur janin di usia kehamilan trisemester awal. 
BPD: Biparietal diameter. Ini adalah ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Biasa digunakan untuk mengukur janin di trisemester 2 atau tiga 
FL: Femur Length. Merupakan ukuran panjang tulang paha bayi. 
HC: Head Circumferencial atau lingkaran kepala. 
C: Abdominal Circumferencial. Ukuran lingkaran perut bayi. Jika dikombinasikan dengan BPD (Biparietal Diameter)akan menghasilkan perkiraan berat bayi. 
FW: Fetal weight atau berat janin. 
F-HR: Fetal Heart Rate atau frekuensi jantung bayi.

3. Bidang Bisnis

Sentimen Pasar



Ket : ini adalah sebuah contoh grafik Indks Dolar AS dari freecotchart.com. di sebagian atas grafik tersebut kita lihat perilaku harga futures indeks USD dengan masing-masing bar menampilkan data minggua. Pada sebagian bawah grafik tersebut kita lihat data pada posisi net panjang/ pendek memecah menjadi 3 kategori: Komersial (Biru), Besar Non-Komersial (Hijau), dan Kecil Non-Komersial (Merah).

1.    Bidang Industri
Industri Manufaktur Nasional
Kondisi PBD Ekonomi berbanding dengan PDB Industri non migas Indonesia sejak tahun 1997-2010 mengalami grafik yang relatif naik. Grafik pertumbuhan PDB Indonesia bisa dilihat dalam gambar dibawah ini :


Dalam industri manufaktur Indonesia, terdapat 3 sektor industri yang memiliki kontribusi terbesar dari tahun 2000-2010 yaitu :
- Industri makanan, minuman, tembakau : 33,60%
- Industri Alat Angkut, Mesin, dan Peralatannya : 28,14%
- Industri Pupuk, Kimia & Karet : 12,73%
Sektor industri lainnya bisa dilihat dalam diagram di bawah ini :


5. Bidang Hiburan/Seni

Bidang Entertainment atau Hiburan
Biasanya penerapan ilmu ini digunakan untuk membuat atau memperbaiki design sebuah gambarwallpaper/poster dan juga karakter animasi pada suatu film kartun dan game. Aplikasi yang biasa digunakan adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, PhotoScape, Blender dan lain-lain.

Contoh Scene dalam Game StarCraft


6. Bidang Pendidikan

Bidang Pendidikan
Biasanya penerapan ilmu ini digunakan untuk membuat bahan presentasi seperti grafik batang, garis dan lingkaran. Dengan menggunakan gambar dengan tampilan yang menarik, apa yang dijelaskan pada presentasi itu akan mudah dimengerti.


Contoh Presentasi menggunakan Grafik Lingkaran

      7. Bidang Perikanan

Aplikasi SIG di Bidang Kelautan dan Perikanan

SIG adalah sistem yang berbasiskan komputer yang digunakan untuk menyimpan  dan memanipulasi informasi-informasi geografi. SIG dirancang untuk mengumpulkan,  menyimpan dan menganalisa objek-objek dan fenomena dimana lokasi geografi  merupakan karakteristik yang penting atau kritis untuk dianalisis. Dengan demikian, SIG  merupakan sistem komputer yang memiliki empat kemampuan berikut dalam menangani  data yang bereferensi geografi: (a) masukan, (b) manajemen data (penyimpanan dan  pemanggilan data), (c) analisis dan manipulasi data, (d) keluaran.






      8. Bidang Arsitektur

Bidang Arsitektur
Biasanya penerapan ilmu ini digunakan untuk membuat design suatu tata letak ruang atau bangunan. Dapat juga memberikan informasi tentang keadaan dari tata letak ruang, seperti ukuran dan warna. Aplikasi yang biasa digunakan adalah 3D Max, 3D Home Designer Deluxe dan lain-lain.



Contoh Desegn Sebuah Rumah

9. Bidang Perancangan

Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX. Dengan menggunakan aplikasi tersebut perancangan akan berlangsung lebih mudah dan spesifik. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.




contoh gambar perancangan menggunakan autocad

10. Bidang Hiburan


Pada sekarang ini semua acara hiburan di televisi maupun film-film sudah banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik. Contohnya film Toy Story tersebut diatas merupakan film yg dipenuhi teknologi grafik komputer.



contoh gambar film animasi

11. Bidang Visual

Digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain – lain.

contoh hasil jepretan kamera

12. Bidang Perdagangan

Pembacaan kode batang (bar code) yang tertera pada barang (umum digunakan di pasar swalayan/supermarket).
contoh barcode barang

13. Bidang Metreologi

Ilmu grafik Komputer Untuk Mengetahui Curah Hujan
 Ilmu Grafika Komputer di bidang Meteorologi,untuk mengetahui siklus curah hujan pada suatu kawasan serta menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi curah hujan tersebut. 
di sini juga untuk memebuat grafika komputer kita menggunkan Analisis wavelet merupakan metode yang umum digunakan pada berbagai bidang disiplin ilmu, salah satunya meteorologi.
Contoh kita bisa menggunakan analisis wavelet interaktif dan dengan memasukan data time series kita bisa mengetahui hasilnya seperti contoh dibawah ini dengan menggunakan data curah hujan denpasar.dat selama tahun 1985-2006.



Keterangan :
a. Data time series curah hujan Denpasar 1985-2006
b. Power spektrum wavelet, menggunakan wavelet Morlet (pilihan lainnya: Paul,Gaussian,Daubechies,Haar,Coiflet,symlet). Sumbu x merupakan lokasi wavelet dalam waktu ( bulan) sedangkan sumbu y merupakan periode wavelet dalam bulan. Kontur berwarna hitam yang melingkupi background warna merah menunjukan tingkat kepercayaan 95 % dengan menggunakan global wavelet sebagai background spektrumnya. Sedangkan daerah yang di arsir disebut cone of influence atau COI. COI merupakan daerah pada spektrum wavelet dimana bagian tepinya sangat penting dan didefinisikan sebagai e-folding time untuk melakukan autokorelasi dari wavelet power pada tiap skala.
c. Global power spektrum wavelet. Terlihat bahwa titik paling kanan pada kurva tersebut menunjukan periode 12 bulan ( 1 tahun, yang merupakan periode yang paling dominan).Hal ini sesuai jika menggunakan analisis FFT menggunakan Matlab. Sedangkan periode lain muncul juga hanya dengan intensitas yang kecil.

      14. Computer Art

Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat                                                       
berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain

interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.


Gambar  GIMP—Aplikasi Image editing untuk digital art.

      

 15. Video Game

  Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.


Gambar Video game menggunakan grafika komputer.Gambar ini adalah
permainan tertris dan permainan sepakbola

     

 16. Computer-Aided Design (CAD)

  CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah

tangga, dan berbagai produk lainnya.


Contoh aplikasinya: AutoCAD






Iklan Bawah Artikel