Kebiasaan Pengguna iPhone dan Galaxy S III


Banyak yang beraggapan bahwa pengguna perangkat Apple iPhone datang dari kalangan tertentu, begitu pun dengan Samsung Galaxy S III.

Kampanye pemasaran dua perusahaan tersebut memang terkesan berusaha meyakinkan penggunanya bahwa mereka unik, berbeda dari yang lain.

Namun, sebuah survei oleh Consumer Intelligence Reports justru mengungkapkan hal sebaliknya. Tipikal perilaku pengguna iPhone dan Galaxy S III boleh dibilang mirip atau bahkan sama dari segi pola pemakaian smartphone.

"Pengguna kedua smartphone memiliki tingkat aktivitas panggilan telepon, mengirim SMS, e-mail, dan mengakses internet yang sama," tulis keterangan dalam hasil survei yang dilakukan antara Januari-Februari 2013 ini, sebagaimana dikutip dari AllThingsD.

Consumer Intelligence menyurvei 500 pengguna iPhone dan 500 pengguna Samsung Galaxy S III.

Membuat panggilan telepon adalah hal yang paling jarang dilakukan oleh pengguna iPhone dan Galaxy S III. Para pemakai kedua smartphone ini mengaku lebih sering menggunakan perangkatnya untuk browsing internet dan mengirim SMS, juga bermain game.

Sedikit perbedaan bisa ditemukan di kategori kepemilikan tipe komputer. Ada satu dari lima pengguna iPhone mengaku memiliki laptop MacBook, sementara dari sisi pengguna Galaxy S III, hanya tujuh persen yang memiliki laptop Apple itu.

Pun demikian dengan tablet Android. Kemungkinan pengguna Galaxy S III memiliki perangkat tersebut dua kali lebih besar dibandingkan dengan pengguna iPhone.

Bagaimana dengan perangkat terdahulu yang dimiliki oleh para pengguna ini? Sebanyak 60 persen pemilik Galaxy S III mengaku pernah memiliki smartphone Android sementara hanya sembilan persennya mengaku "berubah haluan" dari iPhone.

Sebaliknya, pengguna iPhone yang sebelumnya sudah memiliki iPhone hanya berjumlah 37 persen. Sebanyak 20 persen mengaku pindah dari perangkat Android karena fitur dan menunya lebih banyak.

Iklan Bawah Artikel