Tabel dan Penjelasan Perbedaan Manusia dengan Komputer

Untitled Document
Komputer
Manusia
Incredibly fast Incredibly Slow
Error free Error prone
Deterministic irasional
Alphabetic Emotional
Literal Inferantial
Sequential Random
Predictable Unpredictable
Amoral Ethical
Stupid Intelligent


1. Komputer incredibly fast, manusia incredibly slow adalah jika suatu perkerjaan yang dilakukan oleh komputer akan selesai lebih cepat apabila dibandinagkan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia.Misalnya saja jika melakukan proses penghitungan, jika yang melakukannya adalah komputer maka tidak diperklukan waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya, apabila dilakukan oleh manusia akan membutuhukan waktu yang cukup lama.

2. Komputer error free, manusia error prone adalah apabila suatu pekerjaan contohnya saja pekerjaan menghitung maka kemungkinan tidak ada kesalahan yang didapat, tetapi apabila proses pekerjaan menghitung tersebut dilakukan oleh manusia, maka ada kemungkinan salah terjadi didalam proses pengerjaannya.

3. Komputer deterministic, manusia irasional berarti komputer itu dibatasi dalam suatu hal, misalnya saja dalam hal penggunaannya, sedangkan manusia itu peikirannya tidak masuk akal sehingga tidak terbatas dalam suatu hal.

4. Komputer alphabetic, manusia emotional berarti komputer bekerja berdasarkan alphabet alphabet yang sudah di tentukan sebelumnya, sedangnkan manusia bekerja berdasarkan emosi yang ada pada diri manusia itu sendiri.

5. Komputer literal, manusia inferential berarti setiap hal yang dilakukan oleh manusia dapat disimpulkan maksud dan tujuannya sehingga jelas dan tidak membingungkan.

6. Komputer sequential, manusia random berarti setiap pekerjaan yang dilakukan oleh komputer dilakukan secara berurutan satu demi satu, sedangkan oleh manusia suatu pekerjaan bisa dilakukan secara acak, tidak harus berurutan.

7. Komputer predictable, manusia unpredictable berarti setiap kegiatan yang dilakukan oleh komputer bisa diprediksi pergerakannnya, sedangkan setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia pergerakannya ttidak dapat diprediksi.

8. Komputer amoral, manusia ethical artinya komputer dapat saja berbuat tidak sesuai moral, semisalnya saja jika user suatu komputer menginstal suatu aplikasi yang tidak diketahui asal usulnya dan ternyata aplikasi itu adalah virus yang dapat membuat komputer melakukan hal-hal yang tidak bermoral. Sedangkan manusia ethical yaitu setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia haruslah berdasarkan etika yang ada di tempat manusia itu berada.

9. Komputer stupid, manusia intelligent dikarenakan komputer dibuat oleh manusia maka dari itu dapat disimpulkan bahawa manusia lebih pintar daripada komputer, karena komputer hanyalah sebuah alat yang bekerja berdasarkan perintah dari manusia.


Maksud dari tabel diatas adalah :
Dalam tabel diatas menjelaskan dimana kekurangan manusia dan computer,
Kini otak manusia pun memilik banyak persamaan dan perbedaan dengan komputer.

Persamaan :
1. Otak dan komputer sama-sama menggunakan sinyal listrik untuk mengirim pesan dan informasi
2. Otak dan komputer sama sama membutuhkan energi
3. Otak dan komputer sama-sama bisa rusak/sakit
4. Otak dan komputer dapat berubah dan dapat dimanipulasi
5. Otak dan komputer sama-sama bisa mengerjakan matematika dan masalah logika lainnya


Perbedaan :
1. Otak menggunakan zat kimia untuk mengirim pesan dan informasi,sedangkan komputer menggunakan listrik
2. Sinyal listrik yang digunakan komputer bergerak cepat ,sedangkan yang digunakan otak cenderung lambat
3. Untuk otak sekali rusak tidak dapat diganti,namun jika komputer sekalinya rusak bagian penyusunnya dapat diganti
4. Jika otak sakit,masih memiliki beberapa sistem back up,namun pada komputer tidak memiliki sistem back up jika hardwarenya rusak
5.   Otak manusia cenderung lambat dalam mengerjakan matematika dan logikanya,yang sangat berkebalikan dengan komputer.Komputer sangat cepat dalam mengerjakan matematika dan melakukan pertimbangan logis.

Iklan Bawah Artikel