Pengertian Simpati dan Contohnya

Pengertian Simpati adalah perasaan tertarik yang berasal dalam diri seseorang kepada orang lain. Dengan adanya daya tarik membuatnya merasa seolah-olah berada dalam kondisi orang lain. Jadi orang yang bersimpati akan ikut larut dalam pikiran, perasaan, kebahagiaan, kesedihan dan bahkan dirasakan oleh orang lain. Jika dibanding dengan imitasi, sugesti, dan identifikasi, rasa simpati berlangsung melalui proses yang relatif lambat. Namun, efeknya simpati lebih mendalam dan bertahan lama. Rasa simpati menjadi dasar dari terbentuknya persahabatan. Sebagai contoh, Rahmat bersimpati bagi apa yang dirasakan oleh sahabatnya Iwan.

Dalam rasa Simpati yang paling terlihat adalah perasaan, perasaan memegang peran yang lebih besar dalam hal ini. Rasa simpati dapat dilihat ketika hubungan persahabatan, tetangga atau superior kerja dengan bawahannya. Seseorang merasakan rasa simpati dengan orang lain, umumnya disebabkan sikap, penampilan atau tidakan atau perbuatan. Ini menyimpulkan bahwa rasa simpati adalah perasaan yang timbul sebagai akibat dari tindakan yang dilakukan oleh orang lain 

Pengertian Simpati Beserta Contohnya

Simpati Searah
Simpati searah adalah rasa simpati yang tidak dapat menghasilkan suatu hubungan kerja sama yang baik. Sebagai contoh, Rahmat menimbulkan rasa simpati sekali dengan Cristiano Ronaldo yakni salah satu pemain bola terbaik, tetapi Cristiano Ronaldo tidak mengetahui apakah Alex adalah seorang simpatisannya.

Simpati Timbal Balik
Simpati timbal balik adalah rasa simpati yang mampu menghasilkan hubungan kerja sama yang baik. Sebagai contoh Ozil bersimpati dengan pemain bola Cristiano Ronaldo sebagai pemain dunia sejati, dan sebaliknya Cristiano Ronaldo juga bersimpati kepada pemain bola Ozil sebagai sahabat terbaiknya. Hasilnya saling rasa simpati yang baik pada akhirnya akan menciptakan kerjasama yang baik juga dan saling menguntungkan.

Itulah Pengertian simpati dan contohnya yang mungkin bisa sedikit anda pahami, selain itu pengertian simpati juga terbagi atas dua bagian yakni Simpati searah dan Simpati Timbal balik, semoga bermanfaat untuk kita.

Iklan Bawah Artikel