Teknik Dasar Olahraga Futsal Khusus Pemula

Teknik Dasar Olahraga Futsal Khusus Pemula - Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang menjadi favorit kebanyakan orang baik umur anak-anak hingga dewasa. Olahraga futsal mirip dengan sepakbola hanya saja lapangannya lebih kecil atau bisa dibilang setengah lapangan sepakbola. Mungkin udah banyak blog yang bahas mengenai bagaimana teknik dasar bermain futsal yang baik dan benar. Akan tetapi tak ada salahnya juga, jika kita bahas ulang beberapa teknik bermain futsal untuk pemula.
Ada beberapa teknik dasar bermain futsal yang perlu kita ketahui sebelum memulai olahraga futsal ini. Memang teknik olahraga futsal hampir sama dengan olahraga sepakbola. Meskipun demikian, kita perlu memperhatikan dan menguasai beberapa teknik dasar dalam olahraga futsal agar bisa bermain futsal dengan benar. Kira-kira teknik apa saja yang kita butuhkan dalam permainan futsal? Penasaran ga nie?..he.he.he. Simak terus artikel tentang teknik dasar olahraga futsal ini sampai selesai yah.

teknik dasar permainan futsal

Beberapa Teknik Dasar Olahraga futsal yang perlu kita perhatikan yaitu :
  • Kontrol Bola
Untuk mengontrol bola dalam olahraga futsal bisa kita lakukan dengan kaki bagian luar, kaki bagian dalam dan telapak kaki. Sebagai pemain futsal apalagi masih pemula, keahlian mengontrol bola perlu dikuasai dengan baik.
  • Menggiring Bola (Dribling)
Menggiring bola atau sering disebut dribling bola merupakan keahlian mengecoh lawan dalam permainan futsal. Perlu kita ketahui sebelum bermain futsal, ada beberapa teknik menggiring bola futsal (dribling bola), antara lain :
  1. Dribling menggunakan kaki bagian dalam. Teknik menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam dapat mengecoh ke sebelah kanan lawan dengan kaki kanan atau kiri. Namun teknik ini tidak bisa digunakan untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri jika menggunakan kaki kanan dan sebaliknya.
  2. Dribling menggunakan kaki bagian luar. Teknik menggiring bola menggunakan kaki bagian luar dapat mengecoh ke sebelah kiri maupun kanan lawan. Namun teknik futsal ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan menggunakan kaki kanan dan sebaliknya.
  3. Dribling menggunakan bagian punggung kaki. Dalam teknik futsal ini, kita menggiring bola menggunakan punggung kaki dengan arah lurus. Maka dari itu, teknik menggiring bola futsal ini kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kanan.
  •  Mengumpan Bola (Passing)
Bagaimanakah teknik mengumpan bola atau passing? Mengumpan bola dalam permainan futsal bisa dilakukan dengan menggunakan kaki bagian luar, kaki bagian dalam, ujung kaki, sisi bawah kaki dan tumit. Akan tetapi cara terbaik menggiring bola futsal adalah menggunakan kaki bagian dalam dengan arah mendatar atau umpan panjang menyusur tanah.
  • Menendang Bola (Shooting)
Menendang bola dalam permainan olahraga futsal bisa menggunakan punggung kaki dan ujung kaki atau sepatu. Namun, agar bola bisa melesat kencang dan bergerak lurus maka sebaiknya tendangan bola menggunakan ujung kaki atau sepatu saja. Memang teknik menendang bola dengan ujung kaki lumayan sulit daripada menendang bola menggunakan bagian punggung kaki.
  •  Kecepatan
 Setiap pemain futsal haru menguasai teknik dasar ini, karena kecepatan bergerak pemain sangat penting untuk mengecoh lawan dan menyusun formasi permainan dengan baik saat melakukan serangan maupun pertahanan.

Demikianlah beberapa teknik dasar olahraga futsal khusus pemula yang perlu diperhatikan sebelum memulai permainan futsal. Pada dasarnya teknik bermain futsal tidaklah sulit asalkan kita sering melakukan olahraga ini. Dengan seringnya bermain futsal, maka akan terbiasa melakukan teknik dasar olahraga futsal sehinga lambat laun akan ahli dengan sendirinya.

Iklan Bawah Artikel