Lama Waktu Pertandingan Olahraga Futsal

Lama Waktu Pertandingan Olahraga Futsal - Olahraga Futsal memang banyak disukai berbagai kalangan usia di Indonesia. Mungkin permainan olahraga futsal mulai dikenal orang sekitar tahun 2010 yah? Hingga sekarang futsal menjadi olahraga yang sangat booming dan terkenal diberbagai pelosok negeri ini. Kini kita tak lagi susah menemukan lapangan olahraga futsal karena disekitar tempat tinggal kita juga sudah ada persewaan lapangan futsal. Sobat, taukah berapa lama waktu permainan olahraga futsal? Mungkin udah banyak blog yang ngebahas tentang lama waktu olahraga futsal, akan tetapi tak ada salahnya jika kita bahas lagi yah.

Lama waktu permainan olahraga futsal secara resmi dikeluarkan oleh FIFA di level internasional kira-kira berapa yah? Mungkin kita pernah menemui adanya perbedaan lama waktu permainan futsal dalam suatu perlombaan atau kejuaraan cabang olahraga futsal untuk level bawah, misalnya pertandingan futsal antar tim di pabrik dan antar kampung setempat. Terkadang dalam setiap babak permainan futsal tersebut kita menemui durasi waktu yang berbeda dan tergantung pada panitia penyelenggara yang telah disetujui oleh semua pemain futsal. Lalu berapa lama permainan futsal sesuai standar peraturan internasional yang dibuat oleh FIFA?

Lama Waktu Pertandingan Futsal

Durasi waktu pada setiap babak olahraga futsal ada yang menggunakan 10 menit, 15 menit dan bahkan ada juga yang 20 menit. Perbedaan durasi waktu setiap babak permainan futsal bisa jadi untuk menyesuaikan dengan biaya anggaran sewa lapangan futsal sehingga menggunakan waktu yang pendek agar selesai setiap partai pertandingan futsal tersebut.

Lama Waktu Permainan Futsal (Setiap Babak)

Sobat, lama waktu permainan futsal pada setiap babaknya di tingkat nasional maupun internasional sesuai peraturan futsal yang dikeluarkan oleh FIFA adalam 20 menit. Namun jika ada kesepakatan tersendiri antara wasit dan masing-masing pemain futsal, maka bisa menyesuaikan dengan peraturan kompetisi atau kejuaraan futsal setempat. Perlu kita ketahui bahwa waktu permainan olahraga futsal ini tidak ada tambahan waktu, berbeda dengan sepakbola. Meskipun demikian, kita masih bisa meminta time out atau biasa dikenal waktu sela bagi kedua tim. Ternyata dalam permainan olahraga futsal ini, pengaturan waktunya lebih fleksibel yah menyesuaikan kondisi dan penyelenggara pertandingan futsal tersebut.

Jangan Terewatkan Artikel : Teknik Dasar Olahraga Futsal Khusus Pemula

Lama Waktu Istirahat Dalam Olahraga Futsal

Wasit dalam permainan futsal akan memberi waktu istirahat kepada para pemain futsal, antara lain : 20 menit, 15 menit dan 10 menit. Akan tetapi pada umumnya durasi waktu yang dipakai antara 2 babak futsal ini adalah 10 menit, terkecuali turnamen futsal tingkat bawah (amatir) bisa menggunakan waktu kurang dari 10 menit. Memang dalam setiap kompetisi atau turnamen diwajibkan menyertakan peraturan yang mengatur tentang lama waktu istirahat diantara kedua babak permainan futsal yang telah disepakati sebelumnya. Hal itu diberlakukan untuk menyamakan kebutuhan akan waktu istirahat dalam permainan futsal masing-masing tim.

Lama Waktu Time Out Olahraga Futsal

Berbeda dengan cabang olahraga lainnya, dalam olahraga futsal setiap tim memiliki hak untuk mengajukan time out (waktu sela) pada setiap babak pertandingan tersebut. Time out pada permainan olahraga futsal adalah 1 menit. Nah, untuk meminta time out pada pertandingan futsal bisa dilakukan dengan mengikuti persyaratan yang berlaku. Permintaan time out ini biasanya dilakukan oleh oficial tim kepada wasit ketiga atau bisa juga melalui pencatat waktu jika wasit tidak ada disana. Kemudian pencatat waktu akan memberikan izin waktu time out ketika tim peminta sedang menguasai bola dan bola diluar permainan. Time Out (Waktu Sela) biasanya ditandai dengan bunyi peluit yang berbeda dari wasit, sehingga mudah dikenali jika ada waktu time out.

Baca Juga : Jumlah Pemain Dalam Pertandingan Olahraga Futsal

Lalu bagaimana seandainya saat meminta time out wasit ketiga atau pencatat waktu tidak ada dalam pertandingan tersebut? Jika ada kondisi seperti itu, maka oficial tim boleh meminta time out kepada wasit agar diberi waktu time out untuk tim fustalnya. Pada waktu time out semua pemain tetap di dalam lapangan pertandingan begitu juga pemain cadangan tetapi diluar lapangan. Selain itu, oficial tim dan pelatih juga tidak boleh masuk lapangan futsal, jika pelatih ingin memberi instruksi kepada pemain sebaiknya dilakukan di luar garis pembatas lapangan atau samping lapangan futsal. Demikian juga, ketika akan ada pergantian pemain boleh dilakukan jika sudah dibunyikan peluit tanda berakhirnya time out oleh wasit. Kalau dalam turnamen futsal, salah satu tim tidak meminta time out pada babak pertama maka pada babak kedua tim futsal tersebut hanya diberi waktu satu kali untuk meminta time out.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai lama waktu permainan olahraga futsal baik level bawah hingga level atas sesuai peraturan standar internasional yang ditetapkan oleh FIFA. Semoga artikel tentang lama waktu pertandingan olahraga futsal ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua apalagi yang hobi main futsal. Silakan share artikel terbaru tentang olahraga futsal ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel