Seperti Apakah Fitur Ride-By-Wire Yang Akan Digunakan Pada ECU Moto2 2019?

Seperti Apakah Fitur Ride-By-Wire Yang Akan Digunakan Pada ECU Moto2 2019? - Rencananya pada balapan Moto2 2019 nanti akan ada pergantian mesin dari Honda ke Triumph. Namun tak hanya itu, ternyata tahun 2019 mendatang juga akan menggunakan ECU baru. Seperti apakah perangkat ECU baru tersebut dan apa saja kelebihannya? Kali ini kita akan mengupas sedikit tentang fitur ride by wire yang rencananya akan digunakan pada ECU Moto2 2019 mendatang.

Mungkin diantara sobat semua, masih inget Magneti Marelli yang juga memasok ECU di MotoGP? Nah, ternyata Magneti Marelli sudah menang tender guna memasok ECU di kelas Moto2 juga. Bagaimana fitur kelebihan perangkat ECU baru ini yah sob? Info dari Magneti Marelli sendiri, mengatakan bahwa ECU ini akan menggunakan teknologi yang jauh lebih maju untuk membantu menutup kesenjangan dengan elektronik di kelas utama. Rupanya akan tampil lebih mantap yah!

Wire ECU Moto2 2019

Moto2 ECU akan menggunakan berbasis software yang sama dengan kelas MotoGP. Namun banyak fitur Moto2 – termasuk kontrol traksi – tidak akan tersedia di tahun pertama. “Marelli memenangkan tender dan modelnya akan diputuskan. Spesifikasinya akan sedikit lebih rendah dari MotoGP tentunya dengan alasan biaya. Software ini akan diturunkan dari software MotoGP, dengan menghapus banyak hal yang tidak sesuai untuk Moto2.” Ungkapan dari Direktur Teknologi MotoGP, Corrado Cecchinelli ketika diliput oleh redaksi crash.net.

Baca ini : Jadwal MotoGP 2017 Di Trans7 Terlengkap

“Kami juga ingin membuatnya lebih sederhana, sebagai contoh, kami akan mulai tanpa kontrol traksi di tahun pertama. Tapi, cukup masuk akal lagi, kami akan mengenalkannya di tahun kedua.” “Ada blok yang harus kita berikan sejak awal sehingga dapat membuat perbedaan 90% pada sisi teknis antara Moto3, Moto2 dan MotoGP. Blok dasar menangani ride-by-wire dan strategi pengereman mesin yang tepat akan ada sejak awal. Selebihnya, rencananya tinggal menambahkan anti-wheelie, kontrol traksi dll.”

Baca Juga : Kehadiran Franco Morbidelli Akan Jadi Masalah Besar di MotoGP

Ride-by-wire berarti tidak akan ada koneksi fisik (kabel) antara pegangan throttle dan mesin. “Sekarang mereka masih menggunakan sistem kabel ‘vintage’ – di Moto2 dan Moto3 – jadi mereka kehilangan satu poin penting dalam balapan modern.” katanya.

“Dengan pengaturan ride-by-wire yang paling dasar, setidaknya Anda bisa menyetel kurva torsi mesin dengan tepat dan keuntungan lainya akan membuat kontrol pengereman mesin jauh lebih baik.” ujarnya. Tentu saja ECU yang baru ini akan mampu memberikan performance yang lebih mantab dan maksimal dalam laga balapan Moto2 mendatang. So, jangan sampai terlewatkan informasi mengenai Moto2 dan MotoGP kelas dunia ini yah. Pantau terus jadwal mainnya dari sekarang dan jangan sampai ketinggalan siaran langsung di tv.

Sobat, itulah pembahasan sekilas mengenai fitur ECU terbaru yang akan digunakan pada laga balapan Moto2 tahun 2019 mendatang. Semoga artikel tentang informasi sekilas MotoGP ini bisa menambah pengetahuan dan ada manfaatnya bagi kita semua. Jika berkenan, silakan bagikan artikel menarik MotoGP ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel