Cara Membersihkan File Cache Di Smartphone Android Terbaru

Cara Membersihkan File Cache Di Smartphone Android Terbaru – Sesuatu yang sangat menjengkelkan ketika sedang asyik menggunakan hp android lalu terhenti seketika karena errot, ngehang dan tidak bisa dibuka sama sekali. Apakah diantara sobat semua pernah mengalami hal serupa? Memang kecewa banget yah, kita lagi pewe main hp bahkan keadaan penting ternyata hp androidnya malah tiba-tiba error. Kira-kira apa yang menyebabkan masalah aplikasi tidak bisa dibuka atau macet pada smartphone android? Pada kesempatan kali ini, kita akan bagikan trik membersihkan file sampah atau cache pada hp android terbaru.

Jika smartphone android mengalami error biasanya disebabkan oleh menumpuknya file cache pada memori sehingga aplikasi android atau game yang dijalankan terasa berat/lemot dan lebih parahnya tidak dapat dijalankan sama sekali. Sebelumnya, perlu kita ketahui apakah file cache  tersebut?  Cache diambil dari kata crash yang artinya file sementara (temporary file) dalam memori internal smartphone android. Sebenarnya file cache ini sangat membantu dalam mempercepat kinerja hp android ketika membuka aplikasi yang kita inginkan. Akan tetapi, jika file cache ini menumpuk malah akan membuat hp android lebih lemot dan berat untuk menjalankan aplikasi android tersebut.

Cara Menghapus Cache di Android Terbaru

Setiap membuka atau menjalankan aplikasi android pasti akan menghasilkan file cache. Ketika suatu saat nanti sobat membuka aplikasi tersebut maka proses membuka atau menjalankan aplikasi tersebut akan lebih cepat karena sudah pernah dibuka sebelumnya. Akan tetapi jika file cache ini terlalu banyak menumpuk pada memori hingga seperti file sampah maka bukannya bermanfaat tapi akan merugikan sobat pengguna smartphone android. File cache yang terlalu banyak menumpuk akan menyebabkan kinerja hp android semakin berat alias lemot bahkan lebih parahnya mungkin tidak bisa menjalankan aplikasi android.

Baca Juga : Fitur Terbaru Bigo Live Di Android Bikin Enak Penggunanya

Jika file cache sudah berlebihan dan menumpuk sebaiknya dihapus secara rutin agar tidak terjadi masalah loading aplikasi android terasa lemot dan berat. Sebaiknya sobat menghapus file cache di hp android secara rutin minimal seminggu sekali. Apalagi kita sering menggunakan aplikasi social media seperti facebook, instagram, dan browsing di internet tentu akan menghasilkan banyak file cache. Dengan menghapus file cache di android bermanfaat untuk memberi space memori dan membuat kinerja hp android lebih ringan. Lalu, bagaimanakah cara membersihkan file cache pada smartphone android?

Cara Membersihkan File Cache Di Android :
  • Menghapus File Cache Tanpa Aplikasi
Berikut langkah-langkah mengkah menghapus  file cache di android tanpa menggunakan aplikasi apapun, antara lain :
  1. Bukalah menu setelan di hp android, kemudian pilih setelan tambahan dan Manajemen Aplikasi.
    Menghapus Cache Di Android Tanpa Aplikasi
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan baru Manajemen Aplikasi seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian sobat pilih saja, aplikasi mana yang akan dihapus file cachenya dan pilih tap Hapus Cache.
    Hapus Cache Aplikasi di Android Smartphone
  3. Selesai sudah. langkah menghapus file cache tanpa aplikasi di android.
  • Menghapus File Cache Dengan Menggunakan Aplikasi Di Android
Pada metode kali ini, kita akan mencoba menghapus file cache di android smartphone menggunakan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga. Adanya aplikasi pihak ketiga ini, maka cara menghapus file cache akan lebih mudah, tepat dan cepat tentunya. Melalui cara ini, kita tak perlu lagi repot-repot menghapus file cache satu persatu. Sobat cukup pilih menu tab sekali saja, semua file cache dalam android tersebut akan langsung terhapus semua hingga bersih. Kita bisa menggunakan beberapa aplikai berikut ini untuk menghapus file cache di android, antara lain : CCleaner, Clean Master, Go Speed CM Security, 1Tap cleaner dan Speed Booster.

Baca Lagi : Cara Download Video Instagram di Hp Android Paling Mudah

Perlu sobat ketahui bahwa file cache ini berbeda dengan file data yang ada pada android smartphone. Oleh karena itu, kita tidak usah khawatir akan terhapusnya file data saat menghapus file cache di android.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai cara menghapus file cache di hp android baik tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga. Semoga artikel menarik ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Silakan bagikan artikel terbaru cara membersihkan file cache di smartphone android terbaru ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel