Cara Jitu Mengatasi Baterai Laptop Ngedrop

Cara Jitu Mengatasi Baterai Laptop Ngedrop – Laptop atau Notebook merupakan perangkat komputer yang paling fleksibel dan bisa dibawa ke tempat lain atau sebagai pengganti personal komputer (PC). Sebelum muncul generasi laptop, kebanyakan orang mengerjakan tugas office/kantoran menggunakan desktop komputer atau PC. Kini semuanya itu lebih mudah dikerjakan dengan menggunakan notebook atau lebih dikenal laptop. Desain laptop yang kecil tapi kinerjanya sama dengan desktop komputer sudah pasti memerlukan perawatan atau maintenance lebih dibandingkan desktop komputer. Penggunaan laptop ini bisa dibilang gampang-gampang susah, jika penggunaanya jorok maka laptop akan cepat rusak. Jika sudah muncul kerusakan pada laptop maka akan memerlukan biaya perbaikan yang cukup besar dibandingkan desktop komputer.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Ngedrop

Salah satu contoh masalah yang sering terjadi pada laptop yaitu baterai cepat ngedrop. Bagaimana cara mengatasinya? Suatu saat kita sedang focus mengerjakan tugas kantor menggunakan laptop akan tetapi tiba-tiba baterai ngedrop,pasti sangat menjengkelkan yah. Terlebih lagi jika tugas atau file dokumen yang kita kerjakan tadi belum sempat kita simpan sedangkan laptop tiba-tiba mati. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara ampuh mengatasi baterai laptop ngedrop.

Sebelum membahas cara mudah dan ampuh mengatasi baterai ngedrop pada laptop, ada baiknya kita ketahui sebelumnya apa saja yang menjadi penyebab baterai laptop ngedrop? Masalah baterai ngedrop pada laptop ini memang sering terjadi pada para pengguna laptop. Oleh karena itu, sangat perlu sekali kita mengetahui cara mengatasi baterai laptop ngedrop dengan mudah agar terhindar dari masalah yang sama.

Penyebab baterai ngedrop pada laptop :
  1. Charger laptop masih terpasang dengan aliran listrik sedangkan baterai laptop sudah terisi penuh.
  2. Melakukan charging laptop saat daya baterai belum habis.
  3. Tegangan masuk pada laptop kurang stabil.
  4. Penggunaan laptop yang berlebihan, misalnya laptop digunakan selama 24 jam nonstop.
Beberapa hal diatas bisa menyebabkan baterai laptop kita cepat ngedrop. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah baterai laptop ngedrop tersebut? Cara jitu mengatasi beterai laptop ngedrop bisa kita lakukan dengan kalibrasi dan freezer pada baterai laptop tersebut. Bagaimana cara melakukan kalibrasi baterai laptop?

Baca Juga : 4 Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia-Inggris Android Terbaik

Cara melakukan kalibrasi pada beterai laptop :
  1. Pergunakan laptop untuk pekerjaaan yang ringan saja, misalnya membuka aplikasi atau software ringan. Jika daya baterai tinggal 5 – 10% maka secepatnya tutup semua aplikasi tersebut dan diamkan sampai laptop mati dengan sendirinya.
  2. Jika laptop sudah mati, maka lakukan charging baterai laptop sampai 100%.
  3. Segera cabut charger laptop jika kondisi baterai sudah terisi penuh 100%.
  4. Selesai sudah langkah kalibrasi baterai laptop.
Cara ampuh memperbaiki baterai laptop dengan Freezer :
  1. Sebelumnya cek kondisi baterai laptop dan pastikan kondisinya dingin.
  2. Bungkus baterai laptop menggunakan plastic yang rapat (kedap air) dan jangan sampai air masuk mengenai baterai.
  3. Masukkan baterai laptop kedalam freezer selama 1 – 3 hari dengan suhu sedang (medium).
  4. Keluarkan baterai laptop dari freezer kemudian lap sampai bersih. Selanjutnya diamkan baterai hingga suhu kembali normal dan pasang pada laptop.
  5. Charging baterai laptop hingga 100%.
  6. Lakukan charging baterai laptop selama 3 kali untuk memastikan baterai dalam kondisi normal.
Note : Lama penyimpanan baterai dalam freezer tergantung besar kecilnya daya baterai laptop.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi baterai laptop ngedrop dengan mudah. Sobat bisa mencobanya sendiri dirumah tentunya dengan laptop milik sendiri juga yah jika mengalami masalah baterai laptop cepat ngedrop. Semoga artikel tentang penyebab dan cara ampuh mengatasi baterai laptop ngedrop ini bisa menambah pengetahuan sehingga bermanfaat bagi kita semua. Silakan bagikan artikel terbaru tentang cara jitu mengatasi baterai laptop ngedrop dengan mudah ini melalui social media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel