Cara Membersihkan Layar Monitor LCD Yang Benar

Cara Membersihkan Layar LCD Monitor
Cara Membersihkan Layar Monitor LCD Yang Benar – Sekarang ini kebanyakan orang sebagai pengguna komputer desktop atau PC udah mulai meninggalkan layar monitor CRT (tabung) dan menggantikannya dengan lcd monitor. Mengapa demikian ya sob? Pada dasarnya penggunaan lcd monitor akan menghemat tempat terutama pada ruangan yang relatif sempit dan menghemat penggunaan daya listrik. Dalam hal kesehatan, layar LCD monitor mampu meminimalisir resiko gangguan penglihatan yang disebabkan oleh intensitas cahaya dari tampilan layar LCD dibandingkan monitor CRT atau tabung. Akan tetapi, layar LCD monitor malah cenderung lebih mudah kotor dan membersihkannya juga harus lebih berhati-hati agar tidak menimbulkan goresan pada LCD monitor terebut. Bagaimana langkah yang tepat untuk membersihkan layar monitor LCD agar terlihat bersih dan mengkilap seperti baru? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara khusus guna membersihkan layar LCD monitor maupun LCD TV.

Upaya membersihkan layar monitor dan LCD TV yang asal-asalan dan tidak hati-hati akan merusak tampilan monitor seperti adanya goresan atau terbakarnya pixel sehingga membuat tidak nyaman ketika menggunakannya. Untuk membersihkan layar LCD monitor ini tidak harus mengeluarkan biaya atau uang perawatan yang banyak, malahan kita akan membersihkan layar tanpa membeli produk mahal. Sobat bisa mengunakan peralatan yang ada disekitar kita untuk membersihkan layar LCD monitor maupun LCD TV. Dibawah ini akan kita uraikan langkah-langkah membersihkan LCD monitor/TV secara benar dan hasil maksimal tanpa meninggalkan goresan pada layar tersebut.

Baca Juga : Harga Dan Spesifikasi Smartphone Samsung Galaxy Note 8 2017

Bagaimanakah cara membersihkan layar LCD monitor dan LCD TV dengan mudah?

Aktifitas pembersihan layar monitor atau TV dari kotoran debu yang menempel memang perlu kita lakukan untuk menjaga tampilan layar tersebut agar terlihat bersih dan enak dipandang mata. Selain itu juga akan memperpanjang umur daripada layar LCD monitor/TV tersebut.  Cara membersihkan kotoran yang menempel pada layar monitor sangat mudah ya sob.

Langkah-langkah mudah untuk membersihkan layar LCD monitor seperti dibawah ini :
  1. Campurkan cairan alkohol biasa dan air suling yang bersih (bisa juga air mineral kemasan) ke dalam botol semprotan yang bersih dengan takaran yang sama. Harap diperhatikan bahwa sebaiknya tidak menggunakan air kran atau air PAM, karena bisa jadi menimbulkan goresan yang terlihat setelah proses pembersihan layar monitor.
  2. Sebelum larutan/cairan tersebut disemprotkan pada layar monitor, pastikan bahwa layar LCD monitor maupun LCD TV dalam keadaan mati dan kondisi dingin.
  3. Lakukan penyemprotan larutan alkohol bercampur air suling pada kain microfiber atau kain halus untuk lap kacamata/lensa. Perhatikan juga, hindari penyemprotan larutan langsung ke layar lcd monitor.
  4. Kemudian lap layar lcd moitor secara perlahan dan menyeluruh dari atas ke bawah.
  5. Jika kain lap udah berkurang cairanya/agak kering, maka semprotkan lagi larutan tersebut pada kain lap. Selanjutnya ulangi langkah no 4 diatas hingga layar monitor atau TV terlihat bersih (kotoran berpindah ke kain lap). Perhatikan juga, jika kain lap udah kotor sebaiknya tidak diperas tetapi gunakan kain lap lainnya untuk membersihkan layar LCD monitor.
  6. Jika layar monitor benar-benar udah kering maka nyalakan LCD monitor maupun TV dan periksa bagian-bagian yang mungkin terlewatkan saat membersihkan kotoran tadi.
  7. Selesai sudah proses pembersihan kotoran atau debu yang menempel pada layar LCD monitor maupun TV dengan cara mudah dan biaya murah.
Dari langkah-langkah proses pembersihan LCD monitor atau LCD TV diatas, perlu kita cermati bahwa sebaiknya tidak membersihkan LCD monitor secara sembarangan tanpa memperhatikan resiko terkena goresan dan kualitas tampilan monitor. Perlu kita ketahui bahwa LCD monitor sangat sensitif jika terjadi goresan atau kerusakan yang terjadi karena salah dalam perawatan.

Baca Juga : Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan OS Android Nougat?

Itulah tadi cara mudah yang bisa kita lakukan untuk membersihkan layar monitor dengan baik dan benar. Semoga artikel menarik mengenai cara merawat layar monitor diatas bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Silakan bagikan artikel terbaru cara membersihkan layar LCD monitor ini melalui social media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel