Inilah Smartphone CPU Tercepat dan Processor GPU Terbaik

Inilah Smartphone CPU Tercepat  dan Processor GPU Terbaik – Suatu smartphone akan memiliki kinerja yang bagus dan performa yang maksimal jika didukung adanya CPU dan Processso GPU terbaik juga. Banyak produsen smartphone android baik brand unggulan seperti Samsung, Sony, LG, Lenovo dan Asus maupun smartphone pabrikan china seperti Oppo, Xiaomi, Advance dan sebagainya menggunakan tipe processor dan GPU smartphone yang berbeda dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berbagai macam tipe processor dan pengolah grafis atau GPU smartphone yang ada, kita tidak bisa menilai mana yang terbaik hanya dengan melihat pada jumlah core dalam processor tersebut. Kalau begitu, processor dan GPU smartphone mana saja yang terbaik dalam sebuah perangkat smartphone android? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tipe processor CPU dan GPU terbaik untuk smartphone android maupun iOS.


Smartphone Processor Terbaik

Terkadang memang ada smartphone processor dual core mampu mengalahkan smartphone dengan processor quad core. Nah, itulah salah satu contoh bahwa kualitas processor memang tidak bisa dinilai dari jumlah core inti saja. Untuk mengetahui manakah processor terbaik perangkat smartphone, kita perlu memperhatikan konsumsi daya dan teknologi yang disematkan kedalamnya. Baiklah, langsung saja kita bahas mengenai processor dan pengolah grafis atau GPU smartphone terbaik.

Baca Juga : Cara Install Ulang Aplikasi Google Play Store Di Android

Urutan Processor Smartphone Tercepat dan Terbaik

Manakah urutan processor terbaik diantara Qualcomm, Mediatek, Nvidia Tegra, Exynos dan Intel? Simak artikel tentang processor dan GPU perangkat smartphone ini sampai tuntas yah.

Inilah daftar processor Smartphone CPU terbaik, diantaranya :
  • Qualcomm
Processor smartphone jenis Qualcomm ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita yah. Qualcomm sendiri kita kenal sebagai pabrik besar yang merilis chipset dengan processor kualitas unggulan. Sampai saat ini, chipset Qualcomm banyak digunakan pada gadget tablet dan smartphone yang berkelas tentunya. Oleh karena itu, smartphone dengan processor Qualomm banyak diminati kebanyakan orang karena kualitasnya yang cukup mumpuni.
  • Mediatek
Ternyata processor smartphone Mediatek ini menduduki posisi processor tercepat setelah Qualcomm. Perlu kita ketahui bahwa Mediatek adalah produsen chipset dengan jumlah loading lebih banyak akan tetapi harganya masih terjangkau. Meskipun tergolong baru, dalam perkembangannya Mediatek mampu mengimbangi kemampuan chipset Qualcomm loh!!
  • Intel
Processor smartphone yang satu ini tak kalah menariknya. Intel Atom menghadirkan processor smartphone dengan kinerja yang cukup mumpuni dan bisa diandalkan kemampuannya. Processor smartphone intel atom menggunakan teknologi thread sehingga meskipun processor dual core tetapi seperti memiliki 4 core inti. Terbukti smartphone Lenovo K900 dan Asus Zenfone mengadopsi processor intel ini.
  • Nvidia Tegra
Kebanyakan pengguna smartphone mungkin hanyak mengenal processor Qualcomm dan MediaTek karena 2 chip processor ini memang menduduki posisi atas urutan smartphone processor. Selain itu, NVidia mengeluarkan produk processor seri Tegra. Tidak seperti processor smartphone lainnya,processor Nvidia Tegra mengarah pada smartphone gaming. CPU Nvidia Tergra ini memang diproduksi special processor game sehingga lebih cocok bagi sobat gamers. Kinerja processor Nvidia Tegra lebih maksimal dengan hadirnya jumlah core yang efektif sesuai kebutuhan ketika bermain game. Jika smartphone menjalankan aplikasi game yang ringan maka hanya satu core saja yang bekerja, berbeda ketika menjalankan game yang lumayan berat sebaliknya semua core inti akan bekerja agar tidak ngelag atau hang.

Baca Lagi : Cara Menghapus Umpan BBM Sendiri Yang Terkirim Ke Feed BBM Mudah

Ada 3 tipe chipset processor android Nvidia Tegra, diantaranya :
  1. Nvidia Tegra X1. Processor terbaru Nvidia rilis tahun 2015 model T210 8 core 64-bit dengan 4 core Cortex A57 dan 4 Core Cortex A53. Chipset Nvidia Tegra X1 ini memiliki GPU Maxwell 256 Core sehingga unggul dalam pengolahan grafis.
  2. Nvidia Tegra K1. Processor Nvidia ini memiliki model T124 dan T132. Lebih rincinya, Nvidia Tegra K1 T124 adalah processor 32 bit dengan 4 core dan 1 core companion low power. Nvidia Tegra K1 T132 adalah processor berbasis 64 bit dengan 2 core 2,5 Ghz  dan 192 core GPU teknologi Kepler.
  3. Nvidia Tegra 4i. Processor smartphone yang dirilis Nvidia pada tahun 2013 lalu. Chipset processor ini adalah processor low power dengan kelas dibawah Tegra 4. Processor Nvidia Tegra 4i ini didukung 4 core dengan 1 core pendamping dan speed mencapai 2 Ghz sehingga bisa digunakan pada tablet maupun android smartphone.
  •  Exynos
Processor buatan Samsung ini memang cenderung lebih ekslusif karena diperuntukan hanya untuk smartphone android Samsung. Processor Exynos besutan Samsung ini memiliki performa yang cukup mumpuni dan mampu bersaing dengan porocessor Qualcomm.

Baca Juga : Cara Bermain Mobile Legends di PC atau Laptop Terbaru

Pengolah Grafis (GPU) Terbaik

Graphics Procesing Unit atau biasa disebut GPU adalah processor khusus untuk grafis 3D dari Microprocessor. Berikut ini daftar Pengolah Grafis (GPU) terbaik berdasarkan dari Benchmark untuk  smartphone android secara berurutan dari peringkat 1 hingga terakhir :
  1. Qualcomm Adreno 430
  2. Nvidia Geforce Tegra K1
  3. PowerVR GX6450
  4. Qualcomm Adreno 420
  5. ARM Mali T760
  6. PowerVR G6430
  7. Qualcomm Adreno 330
  8. PowerVR G6200
  9. ARM Mali-T628
  10. PowerVR SGX 544 MP4
Jika dilihat dari urutan pengolah grafis (GPU) terbarik diatas, maka Qualcomm Adreno 430 masuk dalam kategori processor GPU Terbaik. Meskipun begitu, performa suatu smartphone tidak hanya dipengaruhi oleh GPU Android akan tetapi dipengaruhi oleh faktor processor dan memori RAM pada smartphone android tersebut.

Itulah ulasan singkat mengenai smartphone CPU dan processor GPU terbaik yang bisa kita bahas edisi kali ini. Semoga artikel tentang processor smartphone terbaru ini bisa menambah pengalaman dan sebagai referensi sebelum membeli smartphone  android maupun iOS. Silakan saja berbagi artikel terbaru tentang processor smartphone terbaik ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel