Waspadalah Jika Sobat Angkat Telepon Dari Nomer Tidak Dikenal

Waspadalah Jika Sobat Angkat Telepon Dari Nomer Tidak Dikenal - Dengan adanya perangkat telepon genggam (handphone) tersebut, kita bisa melakukan panggilan telepon atau berbicara dengan orang lain yang tanpa harus bertemu secara langsung. Tak dipungkiri memang, hadirnya handphone (smartphone) memberikan banyak manfaat bagi kita akan tetapi ada sisi negatif dari smartphone yang perlu kita perhatikan juga. Sobat bisa menggunakan handphone terutama smartphone untuk berkomunikasi lewat telepon, chating, sosial media dan media hiburan seperti internet hingga games. Dari segi aktifitas telepon, pernahkah sobat deqwan1 blog mendapatkan panggilan dari nomer yang tidak dikenal? Kita perlu waspada akan kemungkinan bahaya menerima telepon dari nomer yang tidak kita kenal sebelumnya. Mengapa demikian? Mungkin diantara sobat semua ada yang belum tahu kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dari adanya panggilan telepon tak dikenal tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bahaya angkat telepon dari nomer tak dikenal.

Waspada Panggilan Telepon Tidak Dikenal

Hadirnya smartphone Android, Windows dan Apple, Sekarang ini banyak aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukan komunikasi jarak jauh seperti aplikasi chating atau messenger, aplikasi sosial media dan yang paling senior adalah telepon (berbicara lewat telepon). Coba kita lihat, banyak aplikasi chating di android yang menyediakan juga fitur panggilan telepon bahkan hingga video call layaknya bertatap muka secara langsung (panggilan video). Akan tetapi, adanya berbagai macam aplikasi chat tersebut tidak menyurutkan minat pengguna hp untuk tetap menggunakan fitur telepon biasa. Mengapa demikian? Karena panggilan baik video maupun audio yang dilakukan dengan aplikasi besutan android tersebut membutuhkan jaringan atau sinyal internet 4G yang baik sehingga kalau sinyalnya jelek maka panggilan telepon tersebut akan terputus. Berbeda dengan panggilan telepon biasa yang hanya memerlukan jaringan sinyal GSM saja sudah cukup bagus.

Baca : Inilah 4 Cara Paling Mudah Mengubah Huruf di Whatsapp

Jaman sekarang ini, banyak seseorang atau oknum yang menyalahgunakan fungsi komunikasi panggilan telepon ini seperti adanya telepon masuk dari nomer yang tidak dikenal. Pasti sobat juga pernah mengalaminya,bukan? Lebih parahnya lagi, kita belum lama mengaktifkan kartu perdana atau nomer telepon yang kita beli akan tetapi tak lama dari itu muncul panggilan telepon dari nomer tak dikenal. Lalu bagaimana cara menyikapi jika kita mendapatkan panggilan asing tersebut di handphone kita? Alangkah baiknya kita selalu waspada akan kemungkinan bahaya yang disebabkan oleh masuknya panggilan telepon tak dikenal tersebut.

penipuan lewat telepon tidak dikenal

Jika ada panggilan telepon dari nomer tidak dikenal, memang selayaknya kita perlu waspada dan jangan langsung mengangkat atau menerima panggilan masuk tersebut. Berikut ini 3 alasan utama yang perlu kita perhatikan agar selalu waspada dengan adanya panggilan telepon dari nomer tidak dikenal :
  • Adanya kemungkinan penipuan lewat telepon
Perlu kita ketahui bahwa tindak kejahatan penipuan lewat telepon seringkali terjadi. Banyak kelompok atau oknum yang tidak bertanggungjawab mencari korban lewat panggilan telepon. Mereka melakukan tindak penipuan secara rapih dan sangat profesional. Bahkan seolah-olah oknum tersebut mengenal kita sehingga mudah menjebak jika kita tak sempat waspada atau terburu-buru menanggapi panggilan masuk yang mereka lakukan. Selain melalui panggilan telepon, mereka juga biasanya melancarkan aksinya lewat sms. Oleh karena itu, sebaiknya kita perlu waspada jika ada panggilan telepon dari nomer yang tidak dikenal.
  • Adanya kemungkinan pencurian informasi
Sobat juga pasti sering menerima panggilan telepon dari seseorang yang mengatasnamakan penyedia layanan kartu kredit atau rekanan bank penyedia kartu kredit. Pada umumnya mereka mengaku sebagai patner penyedia kartu kredit yang akan memberikan kartu khusus dengan menawarkan segala iming-iming dan menggiurkan keinginan kita. Akan tetapi, kita sadari atau tidak ada keanehan jika mereka meminta nomer kartu kredit dan angka CVC kita. Setelah itu mereka juga akan menanyakan nama ibu kandung dan saudara terdekat kita. Informasi tersebut akan mereka manfaatkan untuk tindak penipuan. Ini juga perlu waspada yah sob! Sebaiknya jangan memberikan informasi tersebut kepada pihak lain, apalagi tidak kita kenal sebelumnya.
  • Ada kemungkinan nomer telepon kita tersimpan
Sebelum melakukan panggilan telepon, oknum kejahatan akan mengacak nomer dan melakukan panggilan telepon guna mendapatkan korban baru. Awalanya nomer telepon kita adalah hasil dari acak nomer dan nantinya akan tersimpan dalam database mereka. Oleh karena itu, suatu saat mereka akan menelepon kita untuk melakukan aksi kejahatan atau penipuan dengan modus baru tentunya.

Baca Juga : Inilah Cara Paling Mudah Mencari Sinyal Bagus Dalam Rumah

Nah, sekarang sobat udah mengerti semua mengapa perlu waspada jika ada panggilan telepon dari nomer tidak dikenal masuk ke handphone kita. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Sebaiknya kita jangan asal angkat atau terima telepon masuk dari nomer yang tidak dikenal sebelumnya.

Aplikasi Truecaller Android

Ada beberapa kiat khusus untuk mengatasi aksi kejahatan dan penipuan melalui telepon yang tidak dikenal,
antara lain :
  • Pasang aplikasi tambahan yang bisa menampilkan ID nomer yang menelepon kita, seperti aplikasi TrueCaller dan lainnya.
  • Bila sobat terlanjur menerima panggilan telepon tersebut, sebaiknya tanya dahulu indentitas mereka. Jangan jawab pertanyaan yang bersifat pribadi dan mencurigakan, contohnya : nomer kartu kredit, nama ibu kandung, tanggal lahir dan lainnya.
  • Usahakan kita menerima telepon tersebut didampingi orang terdekat kita atau teman untuk mengantisipasi adanya kemungkinan hipnotis melalui telepon.
Jangan Terlewatkan : Inilah Cara Mencari Biodata Seseorang Melalui Internet

Sobat deqwan1 blog, Pada dasarnya kita harus lebih jeli dan waspada ketika ada panggilan telepon masuk dari nomer yang tidak dikenal. Kita semua berharap, semoga tidak terjadi hal-hal negatif yang disebabkan oleh panggilan telepon tak dikenal tersebut. Mudah-mudahan artikel tentang kemungkinan bahaya angkat telepon dari nomer tidak dikenal ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih banyak manfaatnya melalui sosial media atau blog sobat semuanya.

Iklan Bawah Artikel