Amankan Blog Atau Website Kalian Dengan SSL Terbaru

Amankan Blog Atau Website Kalian Dengan SSL Terbaru - Mungkin ada yang belum menyadari bahwa pihak google telah mengeluarkan kebijakan terbaru dengan menerapkan enskripsi HTTPS dalam rangka peningkatan keamanan suatu blog atau website. Tahun 2017 kemarin, blog atau website yang masih menggunakan HTTP sudah ditandai sebagai "not secure" website atau website tidak aman berdasarkan informasi dari empunya search engine Google. Kebijakan ini merupakan salah satu effort Google guna mengadvokasikan HTTPS. Bagaimanakah cara mendapatkan HTTPS pada blog atau website sobat? Kita bisa mendapatkan HTTPS dengan menginstall SSL dan mengaktifkannya. Buat kalian yang pingin tau lebih detail tentang apa itu HTTPS? Dan mengapa perlu mengubah enskripsi HTTP menjadi HTTPS? Jangan kemana-mana yah karena pada edisi kali ini kita akan membahas sekilas tentang cara mengamankan Website dengan SSL terbaru.

AMankan Website Dengan SSL Terbaru

HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) merupakan versi terbaru dan aman dari HTTP atau singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol. Bagaimana cara mengetahui apakah sebuah website sudah menggunakan HTTPS? Sobat bisa mencari tahu melalui address bar website browser yang berwarna hijau atau tanda gembok. Jika sudah terlihat demikian berarti koneksi pada browser dan server website sudah berjalan dengan aman. Lalu mengapa kita perlu HTTPS?

Baca Juga : Inilah Algoritma Google Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Blogger

Perlu kita ketahui bahwa HTTPS digunakan oleh beberapa website e-commerce yang menggunakan metode pembayaran secara online dan untuk memastikan rincian pembayaran yang sifatnya rahasia/sensitif berjalan dengan aman terhindar dari bahaya pencurian data atau lainnya oleh Hackers. Beberapa tahun terakhir ini pihak Google menekankan HTTP bagi suatu website untuk lebih meningkatkan keamanan online. HTTPS juga dijadikan faktor penting dalam update algoritma rangking di Google. Maka dari itu, guna lebih meningkatkan keamanan di internet dan meyakinkan pengunjung sangat disarankan menggunakan enskripsi HTTPS ini.

Guna meningkatkan performance sebuah website dan fitur-fitur baru yang lebih mantabs perlu untuk beralih ke HTTPS. Jika sobat ingin segera mengubahnya, pihak Google juga telah menyediakan cara seting HTTPS agar mudah diterapkan. Nah, jika ingin memasang enskripsi HTTPS pada website kita memerlukan adanya sertifikat SSL. Lantas, bagaimana cara mendapatkan sertifikat SSL untuk website sobat? Saat ini mudah banget untuk melakukan setup SSL, developer website pemula pun bisa melakukan setup SSL ini asalkan mengikuti langkah-langkah yang benar.

Baca Juga : Inilah Algoritma Google 2018 Yang Perlu Kita Ketahui

Sebelum menggunakan sertifikat SSL, kita perlu adanya hosting dengan dedicated IP address. Biasanya pengelola web hosting kecil menempatkan website kita pada shared IP Address artinya banyak website ditempatkan dalam IP address yang sama. Tentunya akan berbeda sekali dengan Dedicated IP address yang bisa dipastikan trafik yang muncul pada alamat IP Address tersebut mengarah pada satu website kita. Dengan membuat sertifikat SSL ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa website tersebut benar-benar milik kita. Secara gampangnya begini sob, Sertifikat SSL merupakan suatu paragraf berisi huruf dan angka yang hanya diketahui oleh website kita.

Pada saat pengunjung website kita datang melalui enskripsi HTTPS, akan dilakukan pengecekan pasword dan jika sesuai maka secara otomatis mereka akan memverifikasi keamanan website milik kita. Tak hanya itu, mereka juga melakukan enskripsi pada semua situs atau website yang masuk maupun keluar melalui website tersebut. Lalu, Bagaimana cara menginstall dan mengaktifkan SSL pada website sobat? Jangan khawatir yah sob, ternyata kita bisa meminta bantuan kepada penyedia hosting web tersebut untuk melakukan setting SSL. Website sobat bisa diakses melalui enskripsi HTTP jika SSL sudah diaktifkan dengan benar.

Baca Juga : 3 Aplikasi Paling Keren Untuk Mengecek Hardware Di Android

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips mengamankan website dengan sertifikat SSL. Sobat bisa mencoba pada website masing-masing yah karena memang sebagian besar website sekarang ini sudah menggunakan enskripsi HTTPS. Semoga artikel tentang cara memasang enskripsi HTTPS dengan SSL ini bisa menambah pengetahuan dan ada manfaatnya terutama bagi sobat blogger. Silakan berbagi artikel terbaru deqwan1 blog ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel