Inilah Algoritma Google Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Blogger

Inilah Algoritma Google Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Blogger - Tak bisa dipungkiri memang saat Google melakukan update Algoritma akan sangat mempengaruhi trafik suatu blog atau website. Jika pada edisi lalu, kita mengulas beberapa update algoritma google sepanjang tahun 2018 maka kali ini akan dilanjutkan pembahasan tentang algoritma google terpenting dalam sejarah yang dirilis pihak Google. Sejak awal rilis situs search engine Google sampai sekarang ini, pihaknya telah merilis beberapa update algoritma google yang paling berpengaruh sehingga disebutnya algoritma google terpenting. Apa sajakah algoritma terpenting dalam sejarah dunia blogging tersebut? Pada kesempatan kali ini akan kita bahas juga beberapa update algoritma google paling berpengaruh dalam dunia blogging.


Bagi sobat blogger, pasti udah ga asing lagi dengan istilah update algoritma google. Google melakukan update algoritma dengan tujuan untuk memaksimalkan kinerja mesin pencari google atau google search engine sehingga mampu menghasilkan data pencarian yang sesuai kebutuhan pengguna internet. Oleh karena itu, pihak google sering melakukan update algoritma google tersebut. Saat update algoritma google biasanya blog atau website kita akan terkena dampaknya seperti trafik terus menurun dan lebih parahnya blog bisa deindex jika tidak memenuhi syarat dalam algoritma google terbaru. Dari sekian banyak update algoritma google, sebagian ada yang tidak begitu berpengaruh dan sebagian lagi sangat berpengaruh terhadap blog atau website kita. Penasaran akan algoritma google paling berpengaruh dalam sejarah blogger? Simak artikel tentang algoritma terpenting dan paling berpengaruh ini sampai selesai yah sob!

Baca Juga : Inilah Algoritma Google 2018 Yang Perlu Kita Ketahui

Inilah algoritma Google terpenting dan paling berpengaruh yang pernah diluncurkan oleh pihak Google :
  • RankBrain
RankBrain merupakan algoritma google yang menggunakan teknologi AI (Artificial Intelegence) dan pertama dikenalkan pada bulan oktober 2015. Algoritma RankBrain ini disebut juga algoritma utama yang bertujuan untuk menyaring konten dalam database Google. Pihak Google menjelaskan bahwa salah satu contoh algoritma RankBrain antara lain misalnya kita mengetikkan kata kunci atau keyword "domain mahal" maka hasil pencarian akan berbeda pada setiap negaranya.

Bagaimanakah cara kerja algoritma RankBrain?
Kabarnya algoritma RankBrain ini berhubungan erat dengan user intent atau minat dari pengguna di mesin pencarian guna mendapatkan hasil pencarian google yang paling relevan. Perlu kita ketahui bahwa umumnya pengguna mesin pencari google biasanya akan mencari informasi yang umum dan dilanjutkan pencarian informasi lebih spesifik. Sebagai contoh, kita mencari kategori website yang bagus, kemudian kita akan mencari cara membuat website untuk pemula, dan kemudian kita akan mencari hosting murah dan domain murah. Rankbrain sangat mampu untuk menampilkan hasil yang dirasa paling relevan untuk user.

Bagaimanakah cara beradaptasi dengan RankBrain?
Algoritma RankBrain ini mungkin sekali untuk tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.Sebagai seorang blogger yang cerdas sebaiknya sobat lebih fokus pada visitor, pembaca dan pengguna untuk mengetahui apa saja yang menarik pengunjung. Tak lupa juga membuat konten atau artikel dengan memperhatikan kata kunci atau keyword sesuai dengan minat pengunjung blog.
  • HummingBird
Algoritma Google selanjutnya adalah HummingBird. Algoritma HummingBird merupakan algoritma google pada masa awal rilisnya mesin pencarian google atau google search engine. Perlu kita ketahui memang sejak awal google sudah mempunyai algoritma tetapi belum memberi nama secara formalnya. Hingga akhirnya pada tahun 2013 pihak google meluncurkan sebuah nama untuk algoritme mesin pencariannya dengan istilah HummingBird. Ternyata didalam HummingBrid sendiri memiliki algoritma turunan, yaitu RankBrain, Panda, Penguin dan sebaginya. Itulah karakter singkat algoritma HummingBird sebagai algoritma google pada awal rilisnya mesin pencarian google.

Lantas, Bagaimana cara kerja algoritma HummingBird?
HummingBird bekerja menggunakan sistem conversational search dengan memperhatikan kalimat pencarian yang diketik pada mesin pencarian google dan keyword atau kata kunci baik 1 kata maupun 2 kata kunci.

Dengan cara kerja HummingBird yang mengadopsi sistem conversational tersebut, Bagaimanakah cara kita sebagai blogger dalam beradaptasi dengan algoritma HummingBird tersebut?
Intinya HummingBird ini fokus pada relevansi konten artikel, maka sebaiknya kita membuat konten sedetail mungkin dan berusaha menjawab semua pertanyaan pengguna sehingga terjalin hubungan yang baik dengan pengguna atau visitor website kita.
  • Pingun
Algoritma Google ketiga adalah Pinguin. Algoritma google yang rilis pertama kali tahun 2012 ini fokus pada kualitas link. Memang faktanya pada masa itu banyak website atau blog dengan konten artikel yang kurang bermanfaat bahkan lebih parah lagi hingga konten spam keyword (Keyword Stuffing) dan link-link yang membuat pengguna internet merasa risih atau tidak nyaman (SEO Off Page).

Dengan munculnya algoritma google pinguin berarti akan diberikan pinalti atau hukuman bagi suatu blog/website yang melanggar aturan daripada algoritma pinguin, antara lain blog/website dikeluarkan dari search engine google (deindex google). Mungkin diantara sobat deqwan1 blog ada yang mengalami salah satu blongnya terkenda deindeks google, betapa sedihnya ketika blog udah mulai banjir trafik. Oleh karena itu, sebaiknya kita belajar dan membiasakan membuat konten artikel ori bukan hasil copy paste blog lain.
  • Panda
Algoritma google panda ini lebih fokus pada SEO on page dan konten artikel blog atau website. Ketika berlangsung update algoritma panda ini banyak blog/website dengan konten artikel yang kurang berkualitas, jumlah artikel yang sedikit dan tidak relevan dengan niche blog bahkan terlalu banyak pengulangan kata kunci/keyword stuffing akan terlempar bebas dari mesin pencari google (google search engine). Perlu kita ketahui bahwa algoritma google panda ini memang mirip dengan algoritma pinguin yang fokus pada SEO Off Page.

Baca Juga : 3 Aplikasi Paling Keren Untuk Mengecek Hardware Di Android

Sobat Deqwan1 blog, itulah ulasan singkat mengenai beberapa update algoritma google yang terpenting dan paling berpengaruh dalam dunia blogger. Mudah-mudahan ulasan singkat algoritma google paling berpengaruh ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua terutama sobat blogger yang sedang fokus dalam build blog maupun website. Silakan share informasi seputar update algoritma google terpenting ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel