Perhitungan Google Membayar Kita Melalui Program Iklan Adsense

Perhitungan Google Membayar Kita Melalui Program Iklan Adsense - Sobat blogger terutama publisher Google Adsense, taukah bagaimana sih perhitungan pihak Google membayar kita? Mungkin selama ini kita tidak begitu menghiraukan perhitungan Google tersebut, Sebagian dari kita fokus pada update artikel blog, pasang iklan Google dan mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Dalam hal pembayaran Google atas iklan adsense yang kita pasang pada blog, pastinya pihak Google menerapkan perhitungan dan peraturan yang bijak sehingga tidak ada yang dirugikan baik publisher maupun advertiser Google. Bagaimana dengan iklan yang hanya tampil dan tidak diklik pengunjung? Bagaimana juga dengan iklan yang diklik oleh pengunjung? Lalu bagaimana perhitungan pembayaran iklan Google tersebut? Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas sekilas tentang perhitungan pihak Google dalam membayar kita selaku publisher dari pada iklan adsense.
 Perhitungan Pembayaran Google Adsense
Hingga sekarang ini, banyak sobat blogger yang sudah mendapatkan penghasilan rutin dari blog melalui program Google Adsense. Akan tetapi tidak sedikit juga yang masih pemula dalam dunia blogging sehingga penghasilan dari program iklan adsense ini tidak menentu setiap bulannya. Saya juga masih pemula loh sob! hehehe. Tidak bisa dipungkiri, Google memang menjadikan salah satu ladang penghasilan atau pundi-pundi dolar bagi sobat blogger, biasa juga dikenal dengan sebutan bisnis online. Oleh karena itu, banyak diantara sobat internet marketer yang mencoba peluang ini sebagai seorang blogger dan kemudian menjadi publisher iklan Google Adsense. Bisa dibilang Google Adsense ini cukup di istimewakan bagi kalangan blogger yang sudah merasakan legitnya dollar dari pembayaran iklan Google Adsense.

Baca Juga : Inilah Algoritma Google Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Blogger

Ada 2 cara untuk mendapatkan penghasilan dari pemasangan iklan adsense yaitu melalui video youtube dan website atau blog. Bahwasanya video youtube dan website tersebut merupakan media atau tempat penayangan iklan Google Adsense sehingga jika terjadi klik pada iklan tersebut kita akan memperoleh penghasilan. Akan tetapi program Google Adsense ini juga menerapkan peraturan atau TOS Google Adsense yang cukup ketat sehingga kira harus berhati-hati dan jujur saat mengikuti program Google Adsense. Pihaknya juga menggunakan cara perhitungan sendiri dalam menetapkan bayaran bagi penanyang iklan Adsense tersebut. Google sendiri memberikan beberapa variasi iklan yang bisa ditampilkan pada halaman website atau video youtube diantaranya teks, gambar, multimedia, video, iklan gambar animasi,dan lain sebagainya.

Baca Juga : Inilah Algoritma Google 2018 Yang Perlu Kita Ketahui

Beberapa hal yang berkaitang dengan cara perhitungan pembayaran iklan Google Adsense, yaitu :
  • CPC (Cost Per Click) artinya  biaya perhitungan per klik iklan. CPC setiap pengiklan ini berbeda-beda tergantung dari apa yang di iklankan dan pihak pengiklan sendiri karena mereka yang menetapkannya. Ada pengiklan yang mau membayar lebih daripada pengiklan lain untuk setiap klik iklan yang tampil di website atau blog. Jika berbicara mengenai nilai CPC masing-masing iklan, tentu saja kita tidak tahu berapa nilainya melainkan hanya pihak Google dan Pengiklan yang mengetahuinya.
  • CTR (Cost Trough Rate) artinya perhitungan jumlah klik iklan dibagi jumlah tayang dari iklan itu sendiri. Contoh gampangnya gini sob : Iklan ditayangkan dalam suatu blog atau website 2000 kali dan diperoleh klik iklan 40 kali maka hasil CTR-nya adalah (40/2000) X 100% = 2%
  • CPM (Cost Per Mile) artinya seorang publisher adsense menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali tayang halaman.
  • RPM (Revenue Per Thoushand Impression) artinya pendapatan rata-rata yang didapatkan setiap 1000 impresi. Umumnya publisher iklan adsense mendapatkan RPM antara $1 - $5 tergantung relevansi iklan, jenis konten dan wilayah dilakukan klik iklan. RPM digolongkan dalam 3 hal yaitu :
  1. RPM Kueri artinya menghitung pendapatan per seribu penayangan dengan membagi hasil tertaksir dengan jumlah kueri yang dihasilkan kemudian kali 1000. Contoh mudahnya : kita sudah mendapatkan hasil kueri tertaksir $50 dari 20000 kueri, lantas RPM kueri kita setara =($50/20000) X 1000 = $2.5
  2. RPM Halaman artinya menghitung pendapatan per seribu penayangan dengan membagi hasil tertaksir dengan jumlah permintan iklan dibuat selanjutnya dikali 1000. Contoh gampangnya : Sobat mendapatkan hasil tertaksir 0.15 dari 25 kali tampilan halaman, maka RPM Halaman sobat = (0.15/25) x 1000 = $6
  3. RPM Permintaan Iklan artinya menghitung pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dengan cara membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan yang dibuat, kemudian dikali 1000.
Sobat deqwan1 blog, pastinya masih banyak lagi istilah tentang perhitungan pembayaran iklan Google selain yang sudah disebutkan diatas. Itu hanya beberapa saja point-point utama yang perlu kita ketahui sebagai seorang publisher iklan Google Adsense baik melalui website (blog) maupun video youtube. Mungkin ada dibenak pikiran sobat semuanya yah, bagaimana jika iklan yang tayang tetapi tidak di klik oleh pengunjung blog maupun video youtube? Apakah iklan yang tidak diklik tetap mendapatkan pembayaran atau tidak? Mari kita lanjutkan pembahasan tentang iklan Google Adsense yang tidak di klik.

Iklan Adsense Yang Tidak Di Klik Tetap Dibayar?

Pada dasarnya iklan Adsense yang tidak mendapat klik pun tetap saja bayar tetapi lebih besar penghasilanya jika iklan yang tayang di klik langsung oleh pengunjung. Umumnya semakin banyak pengunjung blog (trafik blog) atau video youtube akan semakin besar pula penghasilan dolar ataupun rupiah yang akan kita dapatkan. Sampai disini, tentunya cukup menarik yah jika kita bisa mendapatkan pundi-pundi dolar sebagai penghasilan sampingan/alternatif selain pekerjaan utama.

Baca Juga : Amankan Blog Atau Website Kalian Dengan SSL Terbaru

Penghasilan atau pundi-pundi dolar dari iklan Google Adsense bisa kita cairkan jika sudah memenuhi batas ambang pembayaran Adsense yaitu minimal $100. Jika belum terkumpul $100 maka pundi-pundi dolar tersebut akan dihold sampai mendapatkan tambahan pada bulan berikutnya sehingga mencapai batas minimal pencairan penghasilan iklan Google Adsense. Tapi meskipun belum mencapai $100 bisa saja sih dicairkan dengan cara melakukan pembatalan akun Google Adsense dan setelah pencairan baru bisa pengajuan pengaktifan akun Adsense kembali. Hal-hal yang berkaitan dengan tata cara pembatalan akun Google Adsense akan kita bahas pada artikel selanjutnya yah sob! Melanjutkan tentang pembayaran Adsense, pihak Google telah menyediakan beberapa pilihan media pembayaran penghasilan Adsense kita yaitu melalui Check, Western Union (WU) atau transfer langsung ke rekening bank baik lokal maupun luar negeri.

Mungkin sobat tertarik untuk menjadi seorang blogger atau youtuber sehingga bisa mendapatkan penghasilan melalui iklan Google Adsense? Silakan saja langsung daftar dan langsung mulai membuat blog, website atau video youtube. Penjelasan mengenai tata cara membuat blog/website dan video youtube, sobat bisa mendapatkan tutorial blog atau youtube di internet, sudah banyak kok yang share disana. Jadi semangat mencoba yah sob!

Itulah penjelasan mengenai perhitungan pembayaran atas panayangan iklan Google Adsense dan istilah yang berkaitan langsung didalamnya. Semoga artikel tentang pembayaran Google Adsense ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan berbagi artikel terbaru deqwan1 blog ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel