Cara Membuat Paspor Online Terbaru

Cara Membuat Paspor Online Terbaru - Paspor pada dasarnya sama saja dengan KTP termasuk salah satu kartu tanda pengenal atau identitas diri seseorang. Hanya saja paspor ini berlaku standar internasional berbeda dengan KTP yang hanya berlaku dalam negeri saja. Jika kalian memiliki rencana pergi ke negara lain atau keluar negeri maka memerlukan paspor sebagai kartu identitas diri dinegara luar sana. Seperti apakah penampakan paspor tersebut?. Dan bagaimanakah cara membuat paspor terbaru?. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas sekilas mengenai cara membuat paspor secara online terbaru.

cara membuat paspor indonesia

Dokumen penting yang perlu kita siapkan sebelum berangkat keluar negeri adalah paspor. Sekarang ini dunia bisnis dan teknologi kian maju pesat, maka tak heran jika perpindahan orang baik keluar negeri maupun dalam negeri begitu banyaknya. Ada berbagai macam keperluan dan tujuan orang ketika hendak pergi ke negara lain. Diantaranya mereka keluar negeri dalam urusan pekerjaan, pendidikan, ibadah haji atau umroh dan sekedar rekreasi saja. Ramainya kantor imigrasi tiap daerah merupakan salah satu bukti antusias atau minat masyarakat negeri ini dalam mengurus paspor untuk bepergian keluar negeri.

Seperti halnya KTP, paspor memiliki masa berlaku yaitu 5 tahun dan bisa diperpanjang lagi. Cara membuat paspor juga terbilang cukup mudah dengan persyaratan asli KTP, Akte kelahiran, Ijazah dan KK disertai biaya pembuatan paspor kurang lebih 350ribu. Dahulu kita harus datang ke kantor imigrasi terdekat pagi-pagi untuk agar dapat antrian pembuatan paspor lebih awal karena dibatasi  hanya sekitar 100 pemohon pada setiap kantor imigrasi setempat. Adanya kemajuan teknologi aplikasi android, kita tidak harus datang awal ke kantor imigrasi untuk membuat paspor tersebut. Sobat bisa mendaftar atau mengambil nomer antrian pembuatan paspor secara online melalui aplikasi android dan situs resmi kantor imigrasi.

Mendaftar atau mengambil nomer antrian paspor melalui aplikasi android

Kita perlu download aplikasi layanan antrian paspor di Playstore menggunakan smartphone android. Cara download dan mendaftar aplikasi hingga mendaftar paspor secara online cukup mudah, seperti ulasan dalam artikel deqwan blog sebelumnya. Kita hanya diminta mengisi data diri sesuai KTP, nohp dan masukan alamat email guna mendaftar akun pada aplikasi layanan antrian paspor tersebut. Selanjutnya login ulang dan ikuti proses pengambilan nomer antrian pembuatan paspor sesuai dengan keluangan waktu dan kebutuhan paspor masing-masing.

Mendaftar atau mengambil nomer antrian paspor melalui aplikasi android

Mendaftar antrian pembuatan paspor secara online melalui situs resmi kantor imigrasi terdekat juga cukup mudah. Kita tinggal mengikuti instruksi pengisiaan data diri disana untuk mendaftarkan user id web resmi kantor imigrasi tersebut. Kemudian login situs tadi dan masuk dalam menu permohonan pembuatan paspor. Setalah itu kalian akan diberikan pilihan untu mengambil no antrian sesuai jadwal waktu yang masih tersedia dan sesuai dengan keluangan waktu kita. Cetak nomer antrian atau foto menggunakan hp sebagai bukti no antrian saat datang ke kantor imigrasi setempat sesuai jadwal antrian pembuatan paspor.

Proses pembuatan paspor di kantor imigrasi terdekat

Langkah pembuatan paspor berikutnya, kunjungi kantor imigrasi terdekat sesuai dengan jadwal antrian yang kita peroleh dengan membawa dokumen persyaratan pembuatan paspor. Beberapa dokumen guna membuat paspor diantaranya :

cara membuat paspor online

Selanjutnya ikuti saja proses pembuatan paspor sampai selesai mulai dari pengecekan atau pengambilan berkas dokumen, foto diri dan lainnya. Terakhir kalian akan diberikan bukti pengantar pembayaran biaya pembuatan paspor. Pembayaran biaya tersebut paling lambat 7 hari kerja dari tanggal tersebut dan biasanya paspor selesai atau bisa diambil 3 hari setelah pembayaran biaya pembuatan paspor.

Itulah ulasan singkat mengenai tata cara membuat paspor secara online baik melalui aplikasi android atau situs resmi kantor imigrasi daerah masing-masing. Moga aja artikel terbaru tentang cara membuat paspor terbaru ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita terutama yang ingin pergi keluar negeri. Bagikan artikel terbaru deqwan blog ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel