Cara Mencetak Boarding Pass Tiket Kereta Api

Cara Mencetak Boarding Pass Tiket Kereta Api - Berkembangnya bidang teknologi yang canggih, Kini pihak roses boarding pass hingga chek in kereta api semakin mudah. Pihak KAI telah melakukan inovasi boarding pass tiket di stasiun mirip dengan boarding pass di bandara pada pesawat terbang. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para pengguna kereta api sehingga merasa aman dan nyaman. Bagi sobat yang sudah biasa pulang pergi menggunakan fasilitas kereta api pasti ga asing lagi. Melainkan sobat belum pernah naik kereta api, ada kemungkinan besar belum tahu cara cetak dan boarding pass tiket di stasiun KA. Barangkali sudah banyak blog membahas cara boarding pass di stasiun kereta api namun ga ada salahnya juga kita sharing disini biar semakin banyak yang mengetahui ini.

cara-mencetak-boarding-pass-kereta-api

Kini banyak kemudahan yang kita dapatkan ketika hendak melakukan perjalanan menggunakan fasilitas kereta api. Berawal dari mencari jadwal keberangkatan kereta, booking atau pembelian tiket kereta api secara online dan boarding pass tiket kerata api. Sistem Check-In dan Boarding Pass sudah berlaku di beberapa kota besar Indonesia,diantaranya : Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, dan Daop 7 Madiun, kemudian akan disusul kota-kota lainnnya.

Perlu kita ketahui cara boarding pass tiket kereta agar tidak bingung ketika sampai di stasiun kereta api. Kalau booking atau beli tiket kereta api pasti sudah ga asing lagi yah sob? Pasti kalian sangat paham mengenai cara beli tiket kereta api online terbaru. Setelah kalian booking/beli tiket secara online, kemudian boarding pass atau cetak tiket di stasiun kereta api. Kali ini akan sama-sama kita ulas singkat mengenai cara boarding pass di stasiun.

Cara mencetak boarding pass tiket kereta api dengan mudah diantaranya :
  • Datang ke stasiun dan carilah lokasi boarding pass atau cetak tiket kereta api. Kita akan menemukan beberapa mesin boarding pass disana.
  • Masukan kode booking yang muncul pada saat transaksi pembelian tiket kereta api secara online. Kode booking tiket juga bisa kita temukan pada kiriman email saat membeli tiket online melalui internet.
  • Setelah kode booking berhasil dimasukan, kemudian tekan tombol "Cari/Search" maka akan keluar data-data yang berisi mengenai data diri pemesan, ID penumpang, kode booking, nama kereta api, jadwal keberangkatan dan tujuan perjalanan kalian.
  • Lakukan pengecekan data boarding pass tersebut, apakah sudah sesuai dengan apa yang kita inginkan? Jika sudah, maka cetak tiket kereta api dengan menekan tombol "Print atau Cetak".
  • Tiket kereta api kalian sudah berhasil di cetak. Proses selanjutnya yaitu siapkan kartu identitas diri kalian seperti KTP,SIM,Paspor dan kartu pelajar atau kartu identitas lain yang sesuai dengan data diri pada boarding pass. Masuklah ke gerbang check in kereta api dan serahkan boarding pass disertai kartu identitas kalian ke petugas pengecekan data diri penumpang disana.
  • Lakukan proses check in kereta hingga kalian menemukan kereta dan duduk di kursi penumpang sesuai dengan nomer tempat duduk pada boarding pass atau tiket tersebut.
Maka selesai sudah proses cetak boarding pass tiket kereta api sesuai dengan kode booking kalian. Semoga informasi singkat mengenai boarding pass tiket ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat terutama bagi sobat yang belum pernah melakukan perjalanan menggunakan fasilitas kereta api Indonesia. Bagikan artikel terbaru degwan blog ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber dalam artikel blog ini.

Iklan Bawah Artikel