Tutorial Paling Mudah Meningkatkan RPM Adsense Blog

Tutorial Paling Mudah Meningkatkan RPM Adsense Blog - Perkembangan dunia blogging semakin pesat dengan adanya program Google Adsense. Artinya sebagai pemilik blog bisa bergabung dengan program Google Adsense dengan cara mendaftarkan blognya sebagai publiser iklan. Dengan mendaftar program tersebut maka sobat bisa mendapatkan penghasilan melalui iklan adsense yang tayang di blog. Jika kualitas blog bagus dan pengunjungnya banyak akan mempengaruhi pendapatan sobat dari blog tersebut. Ternyata tidak semudah itu loh sob. Bahkan agar blog kita diterima atai di approved oleh pihak Google saja perlu usaha yang serius dalam membangun blog. Kemudian kalian juga harus rutin update artikel dalam blog agar pengunjung semakin meningkat dan potensi kemungkinan klik iklan semakin tinggi.

Tutorial-Meningkatkan-RPM-Adsense-Blog

Membuat blog sampai di setujui program monetise oleh pihak Google sebenarnya tidak sulit. Malah yang sulit itu mempertahankan kualitas blog yaitu dengan cara kita update artikel setiap hari. Kadang kala saat lagi datang malasnya, untuk membuat 1 artikel saja bisa memakan waktu lama. Apalagi saat paling malesnya buat update artikel, bisa jadi blog tidak terurus sama sekali sehingga kualitas blog menurun. Ada sedikit saran, agar tidak mudah putus asa ketika sudah rajin update artikel tetapi blog tak kunjung menghasilkan uang maka sebaiknya kita tidak berorientasi pada uang. Kita luruskan niat bahwa membangun blog sebagai hobi bukan media mencari uang sehingga tetap enjoy saja menikmati dunia blogging.

Terkadang blog udah banyak artikel dan traffik juga lumayan banyak tetapi penghasilan masih saja jauh dari harapan, inilah yang perlu kita optimasi lagi agar lebih baik. Perlu kita ketahui bahwa hal itu disebabkan juga karena CPM atau RPM yang tidak stabil. Apakah RPM itu? RPM (Revenue Permile) maksudnya berapa banyak yang dibayarkan kepada publisher iklan (Blog). Ya memang begitulah sob, namanya RPM kadang tidak stabil yang membuat kita bingung untuk meningkatkan penghasilan dari program iklan Google Adsense. Akan tetapi ada beberapa tips atau tutorial mudah untuk meningkatkan RPM adsense blog sehingga besar harapan penghasilan kita dari Google adsense juga lebih baik. Mudah-mudahan tutorial singkat berikut ini bisa kita praktekan dan bermanfaat bagi sobat blogger.

Tutorial Paling Mudah Meningkatkan RPM Adsense Blog :
  • Membuat artikel original bukan hasil copy paste
Sebagai seorang blogger yang bertanggung jawab dan memiliki etika dunia blogging sebaiknya tinggalkan perbuatan copy paste artikel orang lain. Memang ini salah satu cara update artikel blog dengan cepat tetapi sangat merugikan empunya artikel yang kita contek tersebut. Supaya blog memiliki kualitas bagus sebaiknya kita membiasakan untuk update atau posting artikel original atau unik hasil karya sendiri dengan jumlah minimal 500 kata. Pihak Google sendiri sangat menyukai blog dengan konten artikel original sehingga lebih punya peluang nangkring di pageone Google.
  • Lokasi penempatan dan ukuran iklan adsense
Setelah membangun blog dengan artikel original atau unik minimal 500 kata, langkah berikutnya mengatur lokasi penempatan iklan dan disesuaikan dengan ukurannya. Posisi penempatan dan ukuran iklan merupakan point penting yang mempengaruhi jumlah klik hingga penghasilan adsense. Banyak blog yang membahas tentang posisi iklan terbaik dalam sebuah blog disertai dengan ukurannya jadi tinggal kita lakukan uji coba pemasangan iklan di blog masing-masing. Lebih mudahnya, sobat juga bisa mencari informasi mengenai posisi iklan terbaik dan ukurannya dalam blog ini. Mencoba riset mengenai penempatan dan ukuran iklan adsense minimal selama seminggu agar terlihat hasilnya. Selain itu, ada baiknya sering mencari informasi mengenai penempatan iklan adsense terbaik sebagai bahan uji coba pada blog masing-masing.

Uji coba pemasangan iklan ini cukup mudah karena kita bisa melihat data laporan secara detail pada dasboad Google Adsense. Kita lihat iklan mana yang memiliki penampilan maksimal dengan frekuensi jumlah klik dan RPM iklan tinggi serta ukuran iklan sehingga mampu mendongkrak hasil paling banyak.
  • Analisa data performance report akun Adsense
Langkah berikutnya bisa kita lakukan analisa pada uji coba pemasangan iklan pada lokasi dan ukuran tertentu seperti yang telah direkomendasikan. Tahap ini kita analisa secara detail melalui data perfomance report diantaranya pageview blog, jumlah klik iklan dan iklan yang sering mendapatkan klik serta CPC iklan tersebut.
Hitungan secara logika, jika pageview (PV) blog banyak umumnya akan mendapatkan klik iklan yang banyak juga. Namun jika klik iklan tetap sedikit, maka perlu ada pengaturan ulang pada penempatan dan ukuran iklan adsense tersebut. Pada intinya, guna mendapatkan hasil maksimal perlu adanya riset atau ujicoba iklan adsense.
  • Manfaatkan fungsi Ad Balance dasboard adsense
Ad Balance adalah alah satu fitur akun adsense yang berfungsi untuk mengatur berapa banyaknya iklan yang tampil pada sebuah blog. Kita bisa mengaturnya berapa besar revenue yang akan didapatkan dengan slide fitur "ad fill rate". Ad balance bertujuan untuk mengatur pada tampilan iklan yang menghasilkan sedangkan iklan dengan CPC kecil tidak akan tampil di blog. Nah sobat, kalian bisa mencobanya dengan mengatur menurun atau menaikan sesuai keinginan masing-masing.

Beberapa tutorial meningkatkan RPM adsense blog dengan mudah diatas bisa kita gunakan untuk menaikan penghasilan dari program Google Adsense. Ada baiknya sebelum melakukan riset iklan adsense, bangunlah blog sampai trafiknya tinggi sehingga peluang mendapatkan klik iklan lebih besar. Nah, setelah trafik atau PV blog naik barulah kita lakukan riset tau uji coba pada pemasangan iklan adsense.

Itulah penjelasan singkat mengenai tutorial paling mudah meningkatkan RPM adsense blog guna mendapatkan penghasilan yang maksimal dari program Google Adsense. Mudah-mudahan artikel terbaru tentang dunia blogging ini menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat semuanya. Silakan berbagi artikel terbaru deqwan blog ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel