Inilah Contoh Puisi dan Pantun Untuk HUT Kemerdekaan Republik Indonesia

Inilah Contoh Puisi dan Pantun Untuk HUT Kemerdekaan Republik Indonesia - Sobat deqwan blog, ga terasa hari ulang tahun kemerdekaan negara kita tinggal menghitung hari saja. Tanggal 17 Agustus 2019 nanti kita sebagai rakyat indonesia akan merayakan hasil dari tetesan keringat, darah bahkan korban nyawa para pejuang kemerdekaan RI. Tepatnya 17 Agustus 1945 silam, seluruh rakyat merayakan kemerdekaan Indonesia dengan upacara bendera pengibaran Sang Saka Merah Putih dan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI yang dibacakan oleh presiden Soekarno Hatta. Apa yang harus kita lakukan sebagai rakyat indonesia di abad 21 ini?

Sebagai bentuk penghormatan akan kerja keras para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, sebaiknya kita mengisi hari ulang tahun kemerdekaan RI dengan kegiatan positif seperti lomba kesenian, olahraga dan kegiatan sosial serta kegiatan menarik lainnya. Salah satu contoh lomba kesenian sekaligus pendidikan adalah lomba puisi dan pantun. Seni puisi ini biasa kita dapatkan di lingkungan sekolah mulai SD sampai SLTA bahkan di perkuliahan. Mungkin juga diantara sobat degwan blog sedang mencari puisi maupun pantun untuk mengisi lomba 17 agustusan tersebut? Pada kesempatan kali ini, akan kita bagikan beberapa contoh puisi dan pantun untuk lomba memeriahkan HUT RI.

puisi kemerdekaan RI

Umumnya lomba baca puisi di ikuti oleh anak-anak usia sekolah SD sampai SMP. Lomba baca puisi dan pantun merupakan lomba yang sangat bagus sekaligus mendidik generasi penerus bangsa yang baik dan berkualitas. Seperti apa sih puisi yang bagus untuk mengisi lomba HUT RI tahun 2019 kali ini? Simak artikel contoh puisi kemerdekaan RI ini sampai tuntas yah.

Hari Kemerdekaan

Akhirnya tak terlewat olehku
Tumpah dimataku, Di mata Sahabat sahabatku
Di hati kita semua
Bendera-bendera dan bendera-bendera
Bendera kebangsaanku
Aku menyerah kepada kebanggaan lembut
Tergenggam satu hal dan kukenal

Tanah dimana kuberpijak berderak
Awan beterbaran saling memburu
Angin meniupkan kehangatan bertanah air
Semat getir yang menikam berkali
Makin samar
Mencapai puncak kepecahnya bunga api
Pecahnya kehidupan kegirangan

Menjelang subuh aku sendiri
Jauh dari tumpahnya keriangan dilembah
Memandangi tepian laut
Tetapi aku menggenggam yang lebih berharga
Dalam kelam kulihat wajah kebangsaanku
Makin bercahaya makin bercahaya
Dan fajar mulai kemerahan


Merah Putih

Merah Putih!
Dulu, sebelum kau berkibar di tiang tinggi
Dibelai, dipeluk angin merdeka
Engkau hanya lambang harapku

Meski engkau mewakili bangsa tak berdaya
Tidak bernama di sejarah dunia
Namun kamu tersimpan dalam hatiku
Lambang kasihku pada nusaku

Merah putih!
Kini, kau kulihat berkibar di tengah bangsa
Lambang kebangsaanku di timur raya
Engkau panji perjuanganku
Mengejar kemuliaan bagi bangsaku

Dan demi tuhan pencipta bangsaku
Selama masih bersiut nafas didada
Denyut darahku penyiram medan
Takkan kembali kau masuk lipatan

2 contoh puisi diatas kami rasa cukup sebagai contoh puisi yang akan dibacakan saat lomba baca puisi HUT RI. Tentunya jika, kalian mencari contoh puisi kemerdekan yang lebih bagus lagi, silakan berkunjung ke blok lainnya. Kita berharap, acara-acara peringatan HUT RI dan acara hari besar agama islam ini bisa memberikan makna dan nilai positif untuk negeri Indonesia tercinta.

Selain lomba baca puisi dan pantun, menarik juga kalau diramaikan dengan berbagai macam lomba anak-anak seperti memasukan paku dalam botol, makan kerupuk, tarik tambang dan panjat pinang untuk dewasa. Kami berharap, beberapa contoh puisi dalam artikel ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua sebagai generasi penerus bangsa Indonesia. Agar lebih banyak manfaatnya, silakan berbagi artikel contoh puisi untuk HUT RI ini kepada saudara kita yang lain melalui sosial media dan blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel