Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Baru RI

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Baru RI - Beberapa hari terakhir ini memang begitu cepat kabar terdengar mengenai rencana pindahnya Ibu Kota RI dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Seorang pengamat tata kota mengatakan bahwa terpilihnya kaltim sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia, di nilai sangat strategis untuk mempercepat pembangunan ibu kota baru dengan memanfaatkan keunggulan atau kelebihan yang ada. Apa sajakah kelebihan atau keunggulan yang dimiliki kaltim sehingga pemerintah negeri ini memilihnya sebagai ibu kota baru bagi NKRI? Pada edisi kali ini,. kita akan membahas sekilas mengenai kota Kalimantan Timur.

Sebagai seorang yang ahli tata kota, Yayat Supriyatana pernah mengatakan juga bahwa tingkat bencana, infrastruktur dan sumber daya yang dimiliki kalimantan timur lebih tinggi daripada daerah lainnya. Sobat deqwan blog, ternyata masih banyak loh keunggulan atau kelebihan yang dimiliki kaltim ini. Setidakanya ada 8 kelebihan yang dimiliki kaltim sebagai ibu kota baru nantinya bagi Negara Republik Indonesia.

museum mulawarman kalimantan timur

Inilah kelebihan atau keunggulan kalimantan timur yang menjadi pertimbangan dijadikannya ibu kota baru Republik Indonesia :
  • Kaltim dekat dengan 2 bandara udara di balikpapan yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman dan Bandara besar di Samarinda yaitu Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto.
  • Kaltim dekat dengan akses tol Balikpapan - Samarinda sepanjang 99,35 km.
  • Kaltim dekat dengan pelabuhan Semayang Balikpapan.
  • Kaltim memiliki infrastruktur jaringan energi dan air bersih.
  • Kaltim memiliki struktur demografi heterogen karena sebagian besar penduduk kaltim adalah pendatang.
  • Kaltim memiliki lokasi delineasi kaltim dilewati alur laut kepulauan Indonesia II disekitar selat makasar. Dengan begitu kaltim bebas dari bencana alam gempa bumi dan kebakaran hutan.
  • Kaltim tidak berbatasan langsung dengan batas negara.
  • Kaltim memiliki ketersediaan lahan dengan status Area Penggunaan Lain (APL), Hutan Produksi dengan Konsensi Hutan Tanaman Industri (HTI) dan Hutan Industri yang bebas konsensi.
Beberapa keunggulan itulah yang menjadikan alasan terpilihnya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Baru RI nantinya. Akan tetapi, meskipun kaltim memiliki banyak keunggulan dibanding wilayah lain tentunya juga memiliki kekurangan didalamnya. Lalu, apa saja kelemahan daripada Kalimantan Timur yang hendak jadi Ibu kota RI?

Terdapat 2 kelemahan yang dimiliki Kaltim jika memang menjadi ibu kota baru RI, diantaranya :
  • Kaltim masih berpotensi banjir di bagian wilayah yang dekat hulu Daerah Aliran Sungai (DAS).
  • Sumber daya air masih rendah sehingga perlu dikembangkan lagi.
Demikianlah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Kaltim yang rencananya akan dijadikan Ibu kota baru Republik Indonesia. Mudah-mudahan artikel singkat yang deqwan blog sajikan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua serta mengenal sekilas daerah kalimantan timur. Jika berkenan, silakan bagikan artikel terbaru deqwan blog mengenai daerah kaltim sebagai ibu kota baru NKRI ini melalui sosial media atau blog agar lebih banyak orang yang mengetahuinya.


Iklan Bawah Artikel