Wisata Alam Kalimantan Timur Yang Perlu Kalian Kunjungi

Wisata Alam Kalimantan Timur Yang Perlu Kalian Kunjungi - Sobat deqwan blog, beberapa minggu terakhir ini memang kalimantan timur santer dikabarkan baik melalui medsos maupun elektronik bahwa kaltim akan dijadikan sebagai ibu kota baru Republik Indonesia. Entah itu sudah menjadi rencana nyatau sekedar angin lalu, mari kita kesampingkan ya sob. Kali ini kita membahas tentang tempat wisata atau obyek wisata alam di kalimantan timur. Tentunya obyek wisata alam sangat digemari banyak orang terutama masyarakat perkotaan yang perlu penyegaran dengan suasan sejuk, nyaman dan damai dari kebisingan aktifitas perkotaan. Marilah kita simak informasi terbaru mengenai tampat wisata alam kalimantan yang perlu kalian kunjungi.

Daerah kalimantan timur memang masih menyimpan banyak lingkungan yang asri seperti kawasan hutan, sungai dan pegunungan. Kalimantan timur juga menyajikan banyak keindahan wisata alam dan anggrek hitam yang tak ada duanya. Mungkin sudah kalian ketahui, Kalimantan timur terkenal dengan 2 tempat wisata alam yaitu pulau Derawan dan Kakaban. Diluar dua tempat wisata alam tersebut, ada beberapa tempat wisata alam di Kalimantan Timur yang perlu kita singgahi.

Inilah beberapa wisata alam di Kalimantan Timur yang wajib kalian kunjungi :
  • Gua Haji Mangku seperti dalam film Sanctum
Gua Haji Mangku

Nah, kalian bisa mendapatkan kesenangan disini dengan menyelami jernih dan birunya danau tak berujung di Gua Haji Mangku ini layaknya dalam film Sanctum. Di dalam gua ini terdapat danau air payau yang jernih kebiruan sehingga bagus banget buat berenang. Ketika melalui sebuah pintu gua Haji Mangku yang berair, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan menyeramkan namun indah. Lokasi Gua Haji Mangku ini lebih tepatnya berada di pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kab.Berau, Kalimantan Timur.
  • Batu Bernada di Gua Losan
batu-bernada-di-gua-losan

Apakah yang dimaksud batu bernada?  Batu di dalam gua Losan ini memiliki keunikan yaitu bunyi batu dengan nada-nada berirama. Gua Losan terletak di kecamatan Muara Komam, Kab.Paser atau perbatasan antara kalimantan barat (kalbar) dan kalimantan selatan. Kalian akan dimanjakan dengan pemandangan indah staklaktit dan staklakmit dari atap hingga dinding gua ketika sampai pada mulut gua Losan ini.

Tak kalah uniknya, Gua Losan memberikan fenomena alam yang jarang ditemukan yaitu batu bernada. Maka akan terdengar suara atau bunyi berirama layaknya instrumen musik ketika kita memukul-mukul batu bernada tersebut. Perlu adanya pemandu atau guide jika akan memasuki gua Losan untuk mengantarkan kita menikmati keindahan didalam gua.
  • Menapak Dinding Bebatuan di pegunungan Kalimantan Timur Yang Mirip Tembok Besar China
Wisata alam kalimantan timur ini dinamakan Batu Dinding yang memberikan keindahan pesona alam sehingga menarik untuk kita kunjungi. Keindahan alam yang dapat kita lihat saat berada di batu dinding ini membuat banyak orang ingin melihat secara langsung. Faktanya, Batu Dinding yang ada di kalimantan timur ini memang mirip dengan tembok besar china.

wisata-alam-batu-dinding-kalimantan-timur

Seperti Apa Sih Wisata Alam Batu Dinding?

Wisata alam batu dinding yang terkenal ini, merupakan tebing bebatuan dengan ukuran lebar kurang dari 1 meter dan puncak bukit batu dinding yang sempit sekitar 5 meter saja. Dari kejauhan, bukit batu dinding akan terlihat seperti pegunungan sepanjang 500 meter yang dikelilingi hutan rimba. Pada bagian sisi kanan dan kiri batu dinding terdapat jurang yang sangat dalam sehingga kita harus lebih berhati-hati menyusuri bukit batu dinding ini karena jika terpleset saja sangat berbahaya bahkan nyawa bisa jadi taruhannya.

Waktu matahari terbit dan terbenam adalah waktu terbaik untuk menapaki bukit batu dinding di kepulauan borneo ini sehingga kita bisa menikmati keindahan alam yang sangat menarik. Disana juga sudah disiapkan guide atau pemandu wisata kurang lebih 30 orang guna mengatur arus pengunjung bukit batu dinding ini agar tidak berdesak-desakan.

Wisata alam batu dinding berada di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jika kalian berencana akan berkunjung ke wisata Batu Dinding, silakan ambil jalan Soekarno Hatta menuju kilometer 45 jika dari Balikpapan. Dari sana akan kalian temukan papan petunjuk arah menuju obyek wisata batu dinding di kalimantan timur.
  • Taman Batu Sembinai
Masih tentang wisata alam dan berhubungan dengan bebatuan yah sob. Wisata alam kalimantan timur memang banyak yang masih asri dan batu sebagai unsur pendukungnya. Taman batu Sembinai ini bisa dibilang mirip dengan Stone Garden (kebun batu) yang ada di daerah Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Diantara pepohonan atau hijaunya tumbuhan hutan yang lebat terdapat bebatuan keabuan sangat cantik.

wisata alam batu sembinai kalimantan timur

Untuk menikmati keindahan di lokasi Taman Batu Sembinai ini kalian harus melalui jalan yang tak mudah seperti berkelok-kelok dan treking yang memang menguras tenaga. Akan tetapi tak usah khawatir, karena begitu kalian sampai disana tentu saja semuanya akan terbayar lunas dengan bahagianya menikmati keindahan atau pesona wisata alam Batu Sembinai.

Lalu, bagaimana untuk mencapai lokasi taman batu Sembinai? Jika kalian dari arah Balikpapan, Lakukan perjalanan menuju Tana Paser, Kabupaten Paser dan lanjutkan menuju batu kajang kemudian sampai ke masjid As-Salam. Dari masjid tersebut dapat kita temui papan petunjuk arah menuju Wisata Alam Taman Batu Sembinai.
  • Wisata Canopy Bridge Di Tengah Hutan Hujan Tropis Bukit Bangkirai
Canopy Bridge merupakan kawasan hutan wisata dengan luas sekitar 1500 meter yang memberikan pemandangan alam langka. Seperti apakah pemandangan alam Canopy Bridge? Yup, mungkin saja kalian tidak akan temui pemandangan alam layaknya Canopy Bridge di pulau jawa.  Disana akan kalian temukan banyak pepohonan dengan ketinggian diatas 40 meter dan diameter pohon yang besar sekitar 2,3 meter. Tak kalah uniknya lagi, usia pepohonan di wisata alam Canopy Bridge sekitar 150 tahun.

jembatan-gantung-di-bukit-bangkirai

Selain itu, Wisata alam Canopy Bridge juga menyajikan wahana wisata adrenalin. Bagi kalian yang suka akan memacu adrenalin bisa mencoba jembatan gantung atau Canopy Bridge pertama di Indonesia yang dibuat pada beberapa pohon bangkirai setinggi 30-40 meter. Adrenalin akan lebih terpacu ketika angin kencang menyerang jembatan gantung sepanjang 64 meter ini sehingga jembatan berayun-ayun mengikuti angin dan tentu saja membuat jantung berdetak kencang. Kalian penasaran dengan keindahan wisata alam Canopy Bridge dan ingin mengetes adrenalin? Langsung saja meluncur ke lokasi Wisata Canopy Bridge yang berada ditengah hutan tropis Bukit Bingkarai.

Itulah beberapa tempat wisata alam di Kalimantan Timur yang wajib kalian kunjungi dan masih banyak lagi tentunya. Semoga artikel mengenai wisata alam Kaltim ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semuanya. Agar lebih banyak yang tahu akan keindahan alam Kalimantan Timur, bagikan artikel ini kepada orang lain melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Iklan Bawah Artikel